Kemenhub: Hingga Senin Pagi, Layanan Mudik Seluruh Moda Transportasi Terkendali

Kompas.com - 11/06/2018, 11:53 WIB
Sejumlah pemudik memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (10/6/2018). Puncak arus mudik di Stasiun Pasar Senen diperkirakan jatuh pada 13 Juni 2018 atau H-2 Idul Fitri. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELISejumlah pemudik memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (10/6/2018). Puncak arus mudik di Stasiun Pasar Senen diperkirakan jatuh pada 13 Juni 2018 atau H-2 Idul Fitri.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan, hingga Senin (11/6/2018) pukul 08.00 WIB, layanan seluruh moda transportasi mudik hari raya Idul Fitri dalam kondisi aman dan terkendali. Hal ini berdasarkan pantauan di Posko Nasional Angkutan Lebaran 2018.

Laporan diperoleh dari data posko selama periode 10 Juni 2018 pukul 20.00 hingga Senin pagi ini. Kemenhub menemukan tidak ada kepadatan lalu lintas yang signifikan.

"Pemantauan arus lalu lintas melalui alat komunikasi dan teknologi informasi menunjukkan bahwa volume lalu lintas pada sebagian besar ruas jalan tol terpantau relatif lancar dan tidak ada kepadatan lalu lintas yang signifikan," kata Bambang Sudaryono, Ketua Posko Harian H-5 Shift II Kemenhub dalam laporannya.

Baca juga: Ingin Mudik Gratis, Pengendara Motor Bisa Langsung ke Pelabuhan Tanjung Priok

Pemantauan dilakukan pula di 12 Lintas Penyeberangan. Dari pantauan itu, dapat disimpulkan bahwa secara umum kondisi di pelabuhan terpantau lancar, terkendali, serta tidak ada penumpukan kendaraan dan penumpang.

Dari 52 pelabuhan yang terpantau, belum terjadi lonjakan penumpang. Termasuk di 5 pelabuhan besar yang sudah menyampaikan laporan.

Baca juga: Praktis, Alasan Pengendara Motor Ikuti Mudik Gratis dengan Kapal

Adapun pantauan terhadap 36 bandara, secara umum aman dan lancar. Begitu pula dengan situasi angkutan kereta api.

Ditemui di Posko Nasional Angkutan Lebaran 2018, Sekretaris BPSDM Kemenhub Yugi Hartiman menjelaskan, peride mudik merupakan perhatian bersama. Namun demikian, Kemenhub tidak hanya mencermati arus mudik, namun juga arus balik.

"Diprediksi (arus) baliknya ada penumpukan, karena semua orang masuk pada saat yang sama," ujar Yugi.

Kompas TV Jalan Tol fungsional Salatiga-Kartasura, Minggu (10/6) petang ditutup pengoperasiannya.

 

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X