Fadli Zon Sebut Mundurnya Yudi Latif dari BPIP sebagai Sikap Pancasilais

Kompas.com - 08/06/2018, 18:55 WIB
Kepala Unit Kerja Presiden Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) Yudi Latif KOMPAS.com/IHSANUDDINKepala Unit Kerja Presiden Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) Yudi Latif

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai mundurnya Yudi Latif dari kursi Ketua Dewan Pelaksana Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ( BPIP) sebagai sikap yang Pancasilais.

Ia menilai keberadaan BPIP sebagai sebuah lembaga negara perlu dievaluasi sehingga ia mengapresiasi langkah Yudi yang memutuskan mundur dari pucuk pimpinan.

"Jadi keberadaan BPIP perlu dievaluasi lah. Saudara Yudi Latif ini bagus, fair. Itu tindakan yang pancasilais menurut saya mengundurkan diri dari BPIP," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (8/6/2018).

Baca juga: Moeldoko Anggap BPIP Perlu Dipimpin Figur yang Selevel Yudi Latif

Ia mengatakan, keberadaan BPIP sebagai lembaga yang bertugas menyemaikan dan menebar benih Pancasila bertentangan dengan spirit reformasi birokrasi.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon saat mengunjungi Kantor Radar Bogor, Jumat (1/6/2018).KOMPAS.com / RAMDHAN TRIYADI BEMPAH Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon saat mengunjungi Kantor Radar Bogor, Jumat (1/6/2018).

Saat ini, lanjut Fadli, sudah banyak lembaga negara yang menjadi suar bagi Pancasila dan mensosialisasikannya ke masyarakat, salah satunya MPR.

Ia pun mengatakan semestinya persemaian dan penyebaran nilai-nilai Pancasila datang dari masyarakat, bukan negara.

"Saya kira di MPR sudah ada program terkait empat pilar, ini anggota DPR yang mewakili rakyat kan melakukan sosialisasi. Jadi memang harus bottom up, bukan top down," lanjut Fadli.

Baca juga: Presiden Jokowi Belum Baca Surat Pengunduran Diri Yudi Latif sebagai Kepala BPIP

Kepala BPIP Yudi Latif mengundurkan diri dari posisinya. Pernyataan itu ia sampaikan lewat akun Facebook pribadinya dan juga pesan WhatsApp ke rekan-rekannya di BPIP.

Wakil Kepala BPIP Hariyono pun mengaku kaget dengan kabar mundurnya Yudi Latif tersebut.

"Saya baru tahu dari tulisan beliau di grup WA BPIP tadi pagi. Kaget," kata Hariyono kepada Kompas.com, Jumat (8/6/2018).

Baca juga: Kolega Yudi di BPIP Akan Tanya Alasan Mundur Yudi Latif

Menurut Hariyono, pernyataan tersebut dikirimkan langsung oleh Yudi Latif.

"Dari beliaunya sendiri, tadi pagi (dikirim). Ini, kan, perlu kami konfirmasi ulang," kata dia.

Hariyono berharap, Yudi Latif masih bersedia untuk masuk kantor sehingga bisa dimintai keterangan alasan pengunduran dirinya.

"Kalau Pak Yudi datang ke kantor, kami akan coba diskusi dengan beliau dari hati ke hati, alasan beliau seperti apa," kata Hariyono.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X