Kompas.com - 07/06/2018, 22:15 WIB
Auditor Madya pada Sub-Auditorat VII B2 Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sigit Yugoharto menghadapi sidang vonis di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (7/6/2018). KOMPAS.com/ABBA GABRILLINAuditor Madya pada Sub-Auditorat VII B2 Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sigit Yugoharto menghadapi sidang vonis di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (7/6/2018).
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Terdakwa Sigit Yugoharto yang merupakan Auditor Madya pada Sub-Auditorat VII B2 Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pernah meminta penyuapnya yakni General Manager PT Jasa Marga cabang Purbaleunyi, Setia Budi, untuk merekayasa fakta.

Hal itu dikatakan majelis hakim saat membacakan pertimbangan putusan terhadap Sigit di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (7/6/2018).

Menurut hakim, dalam tahap penyidikan, Sigit pernah bertemu dengan Setia Budi saat keduanya seusai menjalani ibadah shalat di Rumah Tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Saat itu, Terdakwa (Sigit) mengatakan, 'Mas, kita ini bersaudara. Nanti konsepnya jual-beli ya Mas'," kata anggota majelis hakim.

Menurut hakim, dalam keterangan di persidangan, Setia Budi mengatakan bahwa yang ia pahami adalah permintaan agar dia tidak mengungkapkan fakta sebenarnya kepada penyidik KPK.

Baca juga: Auditor BPK Sigit Yugoharto Divonis 6 Tahun Penjara

Menurut Setia Budi, Sigit berharap agar ia mengaku bahwa pemberian motor Harley Davidson sebagai jual beli.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Padahal, pemberian motor besar itu terkait temuan sementara Tim Pemeriksa BPK atas pemeriksaan dengan tujuan tertentu terhadap pengelolaan pendapatan usaha, pengendalian biaya dan kegiatan investasi PT Jasa Marga tahun 2015-2016.

Adapun, Sigit merupakan ketua tim dalam pemeriksaan tersebut.

Majelis hakim menyatakan Sigit terbukti menerima hadiah berupa motor Harley Davidson dan beberapa kali menerima fasilitas hiburan malam. Sigit divonis 6 tahun penjara dan denda Rp 250 juta subsider 3 bulan kurungan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.