Mensos Tak Ingin Perisitiwa Monas Kembali Terjadi Saat Pembagian Zakat

Kompas.com - 07/06/2018, 10:41 WIB
Koordinator Bidang Hubungan Eksekutif dan Legislatif Partai Golkar Idrus Marham DYLAN APRIALDO RACHMAN/KOMPAS.comKoordinator Bidang Hubungan Eksekutif dan Legislatif Partai Golkar Idrus Marham
Penulis Yoga Sukmana
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Sosial Idrus Marham meminta pemberian zakat fitrah dan bantuan sosial jelang Lebaran, diatur lebih baik.

Hal ini dinilai penting sehingga tidak ada kericuhan seperti pembagian sembako di Monas, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Idrus menyarakan agar pembagian zakat atau bantuan lainnnya dilakukan dengan cara mendatangi rumah orang yang berhak menerimanya secara langsung.

"Diatur sedemikian rupa dan akan lebih bagus kalau kita mendatangi ke rumah-rumah mereka," ujar Mensos di Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta, Rabu (6/6/2018).

"Atau misalkan di daerah-daerah yang konsentrasinya memang di situ. Datangi dan jangan lagi sampai ada pernah peristiwa Monas yang kedua," sambung dia.

Baca juga: Ini 5 Pelanggaran Acara Bagi-bagi Sembako di Monas

Mensos mengatakan, sebenarnya zakat bisa disalurkan lewat satu pintu, yakni melalui badan zakat nasional (Baznas). Hal ini yang dilakukan oleh jajaran pemerintahan.

Namun, ia memaklumi masyarakat yang memilih menyalurkan zakat dengan mandiri. Oleh karena itu, Mensos mengimbau, seluruh bantuan sosial jelang Lebaran bisa dilakukan dengan cara yang tepat.

"Imbauan kami adalah niat baik harus dilakukan dengan cara yang baik jangan sampai niat baik dilalukan dengan cara yang justru ditumpangi kepentingan-kepentingan. Itu harus dihindari," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X