Berbusana Jawa, Jokowi Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Kompas.com - 01/06/2018, 09:56 WIB
Presiden Joko Widodo, Jumat (1/6/2018) menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pancasila di pelataran Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta. KOMPAS.com/Fabian Januarius KuwadoPresiden Joko Widodo, Jumat (1/6/2018) menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pancasila di pelataran Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo, Jumat (1/6/2018) pagi, menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di depan Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta.

Uniknya, seluruh menteri/ kepala lembaga negara, pimpinan lembaga tinggi negara dan para elite partai politik yang menjadi peserta upacara mengenakan busana adat. Tidak terkecuali Presiden Jokowi.

Presiden tampak mengenakan busana adat Jawa lengkap dengan sepatu teplek dan blangkon cokelat.

Upacara diawali dengan pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dilanjutkan dengan pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.


Upacara yang juga diisi pidato Presiden Jokowi itu berlangsung khidmat.

Selain menteri/ kepala lembaga negara, pimpinan lembaga tinggi negara dan para elite partai politik, upacara itu dihadiri pula oleh Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden ke-6 RI Tri Sutrisno dan Wakil Presiden ke-11 RI Boediono.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X