Menteri Susi: Teruskan Semangat Kebangkitan Nasional dalam Kerja Nyata

Kompas.com - 20/05/2018, 11:30 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat menghadiri Beautyfest Asia 2018 di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (16/3/2018). KOMPAS.com/Nabilla TashandraMenteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat menghadiri Beautyfest Asia 2018 di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (16/3/2018).
Penulis Yoga Sukmana
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti turut mengucapkan selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-110 bagi masyarakat Indonesia.

Bagi menteri nyentrik asal Pangandaran, Jawa Barat itu, Hari Kebangkitan Nasional punya makna besar bagi bangsa Indonesia. Ia berharap, semangat kesadaran nasional 110 silam itu tetap dirawat dan diaplikasikan untuk pembangunan bangsa.

"Semoga peringatan Hari Kebangkitan Nasional kita semua diingatkan untuk selalu mengingat jasa-jasa pahlawan kita yang telah membangkitkan semangat pembangunan nasional," ujar Susi di Jakarta, Minggu (20/5/2018).

"Dan kita teruskan semangat mereka dalam pembangunan kerja nyata, membangun Indonesia maju dan berdaulat," kata Susi.


Tanggal 20 Mei 1908 menjadi hari penting dalam sejarah panjang bangsa Indonesia. Pada tanggal itu, organisasi pemuda Boedi Oetomo didirikan oleh para pelajar di sekolah kedokteran STOVIA di Batavia yang kini dikenal dengan nama Jakarta.

Baca juga: Gerakan Perempuan Indonesia Deklarasikan Kebangkitan Nasional Jilid II

Meski awalnya hanya organisasi di bidang pendidikan dan kebudayaan, serta masih lingkup Jawa dan Madura, namun Boedi Oetomo didirikan karena adanya kesadaran akan persatuan oleh generasi muda yang terdidik dan tercerahkan.

Pada anggaran dasarnya, Boedi Oetomo juga menyatakan bahwa tujuannya yakni untuk menggalang kerja sama guna memajukan tanah Jawa dan Madura.

Kesadaran persatuan kultural inilah yang merupakan embrio munculnya kesadaran persatuan yang lebih luas yakni kesadaran nasional lewat Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X