Kemenkumham Bangun Lapas Baru untuk Napi Terorisme di Nusakambangan

Kompas.com - 19/05/2018, 06:11 WIB
Ratusan personel kepolisian bersenjata lengkap berjaga di kawasan Dermaga Wijayapura, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (10/5/2018). Sedikitnya 145 narapidana tindak pidana terorisme yang terlibat kerusuhan di Rutan cabang Salemba, Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, telah dipindahkan ke tiga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Pulau Nusakambangan. KOMPAS.com/M Iqbal FahmiRatusan personel kepolisian bersenjata lengkap berjaga di kawasan Dermaga Wijayapura, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (10/5/2018). Sedikitnya 145 narapidana tindak pidana terorisme yang terlibat kerusuhan di Rutan cabang Salemba, Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, telah dipindahkan ke tiga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Pulau Nusakambangan.
Penulis Moh Nadlir
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Hamonangan Laoly mengatakan, pihaknya akan membangun lembaga pemasyarakatan baru.

Lapas yang akan dibangun di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah tersebut dikhususkan untuk narapidana terorisme.

"Akan ada (Lapas) baru di Nusakambangan," kata Yasonna di Kantor Kementerian Koordiantor Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Tak hanya itu, pihaknya juga akan menambah sejumlah fasilitas pengamanan narapidana terorisme di lapas Pasir Putih Nusakambangan.

Baca juga: Pengamanan Diperketat, Napi Terorisme Nusakambangan Belum Boleh Dikunjungi

"Penambahan (fasilitas pengamanan) saja supaya lebih (aman)," kata Yasonna.

Dirjen Lembaga Pemasyarakatan, Kemenkumham, Sri Puguh Budi Utami mengatakan, pembangunan lapas baru memang suatu kebutuhan.

"Kebutuhan mendesak itu kan. Jadi harus dibangun," kata dia.

Pembangunan lapas baru tersebut juga diakui oleh Sri sudah masuk rencana pihaknya. Saat ini bahkan kata dia, pembangunan lapas tersebut tengah berjalan.

Namun lapas itu tak hanya untuk narapidana terorisme, tapi juga narkotika. Nantinya, narapidana terorisme dengan narkotika akan dipisah.

"Sedang dibangun di Nusakambangan. Sekarang lagi diselesaikan bangunan yang sudah kita mulai," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X