Pascateror Bom, Panitia Pastikan Keamanan Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia - Kompas.com

Pascateror Bom, Panitia Pastikan Keamanan Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia

Kompas.com - 18/05/2018, 19:22 WIB
Petugas Densus 88 tengah berjaga di sekitar rumah terduga teroris di Kawasan Perumahan Kunciran Indah, Pinang, Tangerang, Banten, Rabu (16/05/2018). Sejumlah barang bukti dan tiga orang terduga teroris telah diamankan tim Densus 88 Antiteror Polri.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Petugas Densus 88 tengah berjaga di sekitar rumah terduga teroris di Kawasan Perumahan Kunciran Indah, Pinang, Tangerang, Banten, Rabu (16/05/2018). Sejumlah barang bukti dan tiga orang terduga teroris telah diamankan tim Densus 88 Antiteror Polri.

JAKARTA, KOMPAS.com - Rangkaian teror bom yang terjadi beberapa waktu terakhir, memunculkan pertanyaan mengenai keamanan Indonesia.

Apalagi, pada tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah dua gelaran kelas dunia.

Pertama adalah pesta olahraga Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Asian Games akan diikuti sekira 10.000 atlet dari 45 negara dan diselenggarakan pada 18 Agustus-2 September 2018.

Ajang lainnya adalah Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia yang akan diselenggarakan pada 8-14 Oktober 2018 di Nusa Dua, Bali.

Baca juga: Polri Minta Publik Percaya Polri-TNI soal Keamanan Asian Games 2018

Acara itu akan diikuti sekitar 17.000 peserta dari 189 negara dan sejumlah lembaga internasional.

Peserta yang hadir antara lain kepala pemerintahan, menteri keuangan, gubernur bank sentral, bankir, akademisi, jajaran lembaga internasional, hingga kalangan pengusaha dan investor.

Ketua Panitia Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia Peter Jacobs menyatakan, seluruh persiapan dalam kondisi aman.

Pertemuan tersebut tidak terpengaruh dengan teror bom yang terjadi beberapa waktu terakhir.

"IMF baru saja membuat rilis bahwa kondisi aman dan tidak ada perubahan rencana," kata Peter ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (18/5/2018).

Baca juga: Wiranto: Pemerintah dan Aparat Keamanan Berusaha Ciptakan Suasana Aman

Peter menjelaskan, persiapan terus dilakukan. Diharapkan, semua persiapan dapat sesuai rencana.

Selain itu, panitia terus meyakinkan kepada IMF, Bank Dunia, dan seluruh delegasi terkait keamanan di Indonesia.

Adapun juru bicara IMF Gerry Rice menyatakan bela sungkawa kepada para korban serangan teroris di Surabaya.

Baca juga: Sejumlah Negara Peserta Asian Games 2018 Pertanyakan Situasi Keamanan

IMF, kata Rice, akan terus bekerja sama dengan pemerintah Indonesia guna memastikan keamanan para peserta Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018.

"Kami mengucapkan simpati dan duka cita mendalam kepada keluarga korban yang meninggal dunia akibat serangan teroris yang mengerikan di Indonesia," ujar Rice dalam keterangan kepada media di Washington DC, Kamis (17/5/2018) waktu setempat.

Rice menyatakan, pihaknya meyakini pertemuan di Indonesia akan sukses. Sebab, pemerintah Indonesia telah berupaya luar biasa untuk meyakinkan keamanan selama pertemuan.

"Kami sangat menantikan pertemuan yang sukses dan pemerintah Indonesia telah melakukan upaya luar biasa untuk memastikannya," sebut Rice.


Close Ads X