Terduga Teroris Riau Kelompok NII, Berafiliasi ke ISIS - Kompas.com

Terduga Teroris Riau Kelompok NII, Berafiliasi ke ISIS

Kompas.com - 16/05/2018, 16:49 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto (kiri) didampingi Kabag Pensat Ropenmas Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Yusri Yunus memberikan keterangan pers mengenai penyerangan teroris di Mapolda Riau, di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (16/5/2018). Polisi berhasil mematahkan penyerangan di Polda Riau yang menyebabkan dua polisi terluka dan seorang lainnya meninggal dunia karena ditabrak mobil. Empat pelaku penyerangan tewas dilumpuhkan.ANTARA FOTO/RENO ESNIR Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto (kiri) didampingi Kabag Pensat Ropenmas Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Yusri Yunus memberikan keterangan pers mengenai penyerangan teroris di Mapolda Riau, di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (16/5/2018). Polisi berhasil mematahkan penyerangan di Polda Riau yang menyebabkan dua polisi terluka dan seorang lainnya meninggal dunia karena ditabrak mobil. Empat pelaku penyerangan tewas dilumpuhkan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Polri telah melakukan identifikasi terhadap 5 orang terduga teroris yang menyerang Mapolda Riau, pada Rabu (16/5/2018) pagi.

Mereka dipastikan bukanlah kelompok jaringan teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

"Keterangan, kelompok ini adalah kelompok Negara Islam Indonesia atau NII, yang afiliasi dengan ISIS Dumai," ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto saat jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta.

Baca juga: Ini Identitas Terduga Teroris yang Serang Mapolda Riau

Seperti diketahui, pada Rabu pagi, mobil Avanza BM 199 RQ yang di dalamnya ada 5 orang masuk ke area Mapolda Riau.

Empat orang lantas keluar dari dalam mobil dan menyerang petugas dengan senjata tajam.

Petugas lantas melakukan tindakan tegas dengan menghadiahi 4 orang terduga teroris dengan timah panas hingga tewas.

Baca juga: Polri Cek Keterkaitan Penyerang Mapolda Riau dengan JAD

Adapun satu terduga teroris sempat kabur menggunakan mobil tersebut dan sempat menabrak petugas. Namun, polisi bisa menangkap satu orang terduga teroris tersebut.

Akibat penyerangan itu, 1 polisi gugur dan 2 lainnya mengalami luka, serta 2 wartawan mengalami luka.

Saat kejadian, ada jumpa pers soal pengungkapan kasus narkoba di Mapolda Riau. Penyerangan ini membuat suasana langsung riuh. Aparat dan wartawan berhamburan untuk melindungi diri.

Kompas TV Pelaku teror di Mapolda Riau diidentifikasi sempat datang ke Mako Brimob.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X