Survei CSIS: Ganjar Pranowo-Taj Yasin 66,5 Persen, Sudirman Said-Ida Fauziyah 14,8 Persen - Kompas.com

Survei CSIS: Ganjar Pranowo-Taj Yasin 66,5 Persen, Sudirman Said-Ida Fauziyah 14,8 Persen

Kompas.com - 13/05/2018, 23:30 WIB
Calon gubernur Ganjar Pranowo (kiri) dan Sudirman Said (kedua kanan) menyaksikan calon wakil gubernur Taj Yasin (kedua kiri) dan Ida Fauzia (kanan) berjabat tangan saat Debat Terbuka Pilkada Jawa Tengah di Ballroom Hotel Patra, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (20/4). Debat tersebut mengangkat tema peningkatan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, penyelesaian persoalan daerah, menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten/kota, serta memperkokoh NKRI dan kebangsaan. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra Calon gubernur Ganjar Pranowo (kiri) dan Sudirman Said (kedua kanan) menyaksikan calon wakil gubernur Taj Yasin (kedua kiri) dan Ida Fauzia (kanan) berjabat tangan saat Debat Terbuka Pilkada Jawa Tengah di Ballroom Hotel Patra, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (20/4). Debat tersebut mengangkat tema peningkatan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, penyelesaian persoalan daerah, menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten/kota, serta memperkokoh NKRI dan kebangsaan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Survei elektabilitas menunjukkan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo- Taj Yasin berada di posisi teratas dalam survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS).

Survei elektabilitas Pilkada Jawa Tengah ini menunjukkan Ganjar-Taj Yasin dengan elektabilitas 66,5 persen. Sedangkan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said- Ida Fauziyah berada di bawah petahana dengan elektabilitas 14,8 persen.

Sementara itu sebanyak 18,7 persen responden tercatat belum menentukan pilihannya.

Peneliti CSIS Arya Fernandes menambahkan Ganjar-Taj Yasin identik dengan PDI-P sedangkan Sudirman-Ida identik dengan Gerindra.

Data tersebut diperoleh saat responden ditanya partai mana selaku pengusung utama dua pasangan calon di atas.

"Sebanyak 57,3 persen responden menjawab PDI-P partai pengusung utama Ganjar-Taj Yasin. 16,8 persen responden menyebut Gerindra partai pengusung utama Sudirman-Ida," kata Arya di Morrissey Hotel Residence, Jakarta, Minggu (13/5/2018).

Baca juga: Survei Kompas: Pilkada Jateng, Ganjar-Yasin di Atas Angin

Arya menambahkan temuan tersebut menjadi gambaran awal bagi partai dan asosiasinya atas pasangan calon kepala daerah yang diusung di Jawa Barat, dengan Pemilu 2019.

"Dalam konteks Jawa Tengah, bisa disimpulkan PDI-P dan Gerindra adalah partai-partai dengan identitas paling kuat di mata pemilih, namun PDI-P masih dominan," lanjut dia.

Baca juga: Survei Kompas: Banyak Kemungkinan yang Bisa Terjadi pada Pilkada Jateng

Diketahui, survei CSIS ini dilakukan pada rentang tanggal 16-30 April. Survei dilakukan menggunakan metode multi-stage random sampling dengan jumlah responden 1.000 orang dan margin of error (+/-) 3,15 persen. Pendanaan survei berasal dari internal CSIS.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Close Ads X