Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya Dibangun Mulai 2019

Kompas.com - 08/05/2018, 21:00 WIB
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla ketika ditemui di Kantor Wakil Presiden RI, Jakarta, Selasa (8/5/2018). KOMPAS.com/ MOH NADLIRWakil Presiden RI Jusuf Kalla ketika ditemui di Kantor Wakil Presiden RI, Jakarta, Selasa (8/5/2018).
Penulis Moh Nadlir
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengatakan proyek kereta semi cepat Jakarta- Surabaya akan dibangun pada 2019 mendatang.

"Tahun 2019 sudah bisa dibangun," ujar Kalla di Kantor Wakil Presiden RI, Jakarta, Selasa (8/5/2019).

Menurut Kalla, pemerintah Jepang pun menawarkan pinjaman dengan bunga yang rendah untuk mendanai proyek tersebut.

"Soft loans, bunganya 1-2 persen. Masa pinjaman 40 tahun. Jadi cukup menarik juga dan Presiden (Joko Widodo) telah menginstruksikan supaya itu dilaksanakan," terangnya.

Baca juga : Menhub: Pengembangan Kereta Semi-Cepat Jakarta-Surabaya Maksimal Rp 60 Triliun

Saat ini, tim ahli dari Japan International Cooperation Agency (JICA) tengah menyusun proposal pembangunan proyek kereta semi cepat tersebut.

"Kira-kira selesai mereka buat (proposal) pada akhir tahun ini. Karena itu detil ya, berapa jembatan, berapa fly over, itu kan teknis sekali jadi dibutuhkan perencanaan yang baik," ujarnya.

Sebelumnya, direncanakan pembiayaan proyek ini akan berasal seluruhnya dari Jepang dalam bentuk soft loan.

Pinjaman ini bertenor 40 tahun dengan masa tenggang 10 tahun dan bunga 0,5 persen. Adapun nilai dari seluruh investasi itu mencapai Rp 60-100 triliun.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X