Relawan Sebut #2019GantiPresiden Latihan Kampanye Pilpres 2019

Kompas.com - 05/05/2018, 13:04 WIB
Relawan #2019GantiPresiden Mustofa Nahrawardaya Fabian Januarius KuwadoRelawan #2019GantiPresiden Mustofa Nahrawardaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Relawan #2019GantiPresiden Mustofa Nahrawardaya berpendapat, sebenarnya penyebaran tanda pagar #2019GantiPresiden adalah latihan kampanye pemilihan presiden, 2019 mendatang.

"Sebenarnya aksi-aksi #2019GantiPresiden adalah latihan kampanye saja. Kampanye kan masih lama, ini sekarang latihan saja," ujar Mustofa dalam acara diskusi di bilangan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (5/5/2018).

Baca juga: PKS Sebut Relawan Bakal Deklarasi #2019GantiPresiden Dekat Lokasi CFD

Menurut Mustofa, latihan kampanye berdampak positif. Terutama bagi kelancaran rangkaian pemilihan presiden 2019 mendatang.

Pasalnya, mulai dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara Pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) hingga Polri sudah mulai mengetahui gerak-gerik dan pola pendukung calon presiden 2019 mendatang sejak dini.

"Polri saja sekarang lebih maju. Massa pendukung Jokowi diatur boleh beraktivitas di Patung Kuda, sementara gerakan #2019GantiPresiden dipusatkan di Bundaran HI. Ini kan dari latihannya saja sudah mulai ngerti Kapolres itu," ujar dia.

Baca juga: Di Makam Bung Karno, Prabowo Disambut Relawan Berkaus #2019GantiPresiden

Latihan ini, lanjut Mustofa, juga seharusnya dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh massa kedua belah pihak, baik pendukung Jokowi maupun Prabowo.

Mereka harus sama-sama mulai melatih bagaimana berdemokrasi tanpa harus saling menjatuhkan dan memfitnah satu sama lain.

"Ini jelas membutuhkan kedewasaan kita semuanya," lanjut Mustofa.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X