Kemendagri Sebut 11 Juta Orang Belum Rekam e-KTP

Kompas.com - 02/05/2018, 12:08 WIB
Pemerintah Kabupaten Karawang melakukan jemput bola perekaman e-KTP. KOMPAS.com/Farida FarhanPemerintah Kabupaten Karawang melakukan jemput bola perekaman e-KTP.
Penulis Moh Nadlir
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Hadi Prabowo mengatakan, saat ini masih ada jutaan orang yang belum melakukan perekaman e-KTP atau Kartu Tanda Penduduk elektronik.

"Yang belum rekam masih ada 11 juta orang," kata Hadi di Hotel Golden Boutique, Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Menurut Hadi, 11 juta orang tersebut diharapkan segera melakukan perekaman e-KTP. Sebab, masyarakat bisa terancam kehilangan hak pilihnya pada Pemilu 2019 mendatang jika tak memiliki e-KTP.

"Saya harap dapat segera terselesaikan. Karena data ini yang digunakan untuk Pemilu 2019," kata Hadi.

Baca juga: KPU Dorong Pemerintah dan DPR Selesaikan Perekaman E-KTP

Hadi membeberkan, saat ini proses perekaman e-KTP sudah mencapai 97 persen lebih, dari total jumlah penduduk Indonesia yang ada.

"Diharapkan kendala yang ada, yang belum mendapatkan e-KTP secara nyata bisa segera terselesaikan," kata Hadi.

Hadi pun menegaskan komitmen Kemendagri untuk terus melakukan upaya maksimal dalam menyelesaikan persoalan perekaman e-KTP.

"Kita harus melakukan langkah-langkah yang optimal di dalam penyelesaian masalah perekaman e-KTP atau data kependudukan," ujar Hadi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X