Saat Jokowi Bicara Foto Seseorang Mirip Dirinya bersama DN Aidit...

Kompas.com - 25/04/2018, 19:47 WIB
Presiden Joko Widodo saat berpidato di depan pengurus dan anggota Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) di Asrama Haji Jakarta Timur, Rabu (25/4/2018). Fabian Januarius KuwadoPresiden Joko Widodo saat berpidato di depan pengurus dan anggota Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) di Asrama Haji Jakarta Timur, Rabu (25/4/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo terus mengklarifikasi isu dan tuduhan yang menyebutkan bahwa dirinya terlibat Partai Komunis Indonesia ( PKI), bahkan disebut sebagai anggota.

Saat silaturahim dengan pengurus Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Rabu (25/4/2018), Jokowi kembali menyinggung itu.

"Ini contoh fitnah di media sosial, sudah lebih dari 3,5 tahun ini, menuduh saya itu PKI, Presiden Jokowi itu PKI," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, isu itu tidak masuk logika. Sebab, Jokowi lahir pada 1961. Sementara, PKI dibubarkan pada 1965. Artinya, saat PKI dibubarkan, Jokowi baru berusia 3 atau 4 tahun.


"Masak ada anggota PKI balita? Logikanya enggak masuk," ujar dia.

(Baca juga: Jengkelnya Jokowi Sampai Hari Ini Masih Dituduh PKI...)

Jokowi kemudian menampilkan foto yang sempat ramai di media sosial, yakni foto saat pimpinan PKI Dipa Nusantara Aidit sedang berpidato.

Di depan mimbar pidato Aidit dalam foto itu, tampak sesosok pria mirip sosok Jokowi. Sosok itu disebut sebagai Jokowi.

Jokowi kembali mengungkapkan, dirinya tidak habis pikir jika ada masyarakat yang percaya dengan isu ini.

"Gambar ini adalah Ketua Umum PKI, Aidit, pidato pada 1955. Saya dibilang di bawah (mimbar tempat Aidit berpidato), coba. Saya lahir saja belum sudah dibilang begitu," ujar Jokowi.

(Baca juga: Jokowi Ancam "Gebuk" Orang yang Sebarkan Isu Dirinya PKI)

Jokowi menduga kuat foto itu merupakan hasil proses penyuntingan olah sang ahli.

"Mukanya memang beda, tapi badan saya ya yang ditaruh di situ. Ya anak-anak muda sekarang-sekarang kan pintar-pintar," seloroh Jokowi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X