Gerindra Sebut Tutup Pintu untuk Capres Selain Prabowo, Termasuk Gatot - Kompas.com

Gerindra Sebut Tutup Pintu untuk Capres Selain Prabowo, Termasuk Gatot

Kompas.com - 17/04/2018, 18:55 WIB
Ketua Bidang Advokasi DPP Partai Gerindra Habiburokhman di Kantor DPP Gerindra, Jakarta, Rabu (8/11/2017)Kompas.com/YOGA SUKMANA Ketua Bidang Advokasi DPP Partai Gerindra Habiburokhman di Kantor DPP Gerindra, Jakarta, Rabu (8/11/2017)

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan, partainya tak lagi membuka pintu untuk calon presiden selain ketua umumnya, Prabowo Subianto.

Dengan demikian, peluang mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo untuk maju sebagai capres dari Partai Gerindra juga sudah ditutup.

"Calon-calon lain, menurut saya pintu sudah tertutup, sulit," ujar Habiburokhman, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (17/4/2018).

"Kita tahu elektabilitas Pak Gatot Nurmantyo kan kecil sekali, enggak mungkin bisa dijadikan capres alternatif oleh kami," kata dia.


(Baca juga: Gatot Nurmantyo Dinilai Bisa Ikut Pilpres jika Parpol Tak Egois)

Selain itu, menurut Habiburokhman, tidak mungkin pula seorang Gatot Nurmantyo mau berhadapan untuk menggantikan Prabowo sebagai capres dari Partai Gerindra. Sebab, Prabowo merupakan orang yang sudah membesarkan Gatot.

"Jadi sudahlah Pak Gatot untuk 2019 pintu sudah tertutup untuk maju sebagai calon dari Partai Gerindra. Mungkin kalau ada rezeki beliau, beliau bisa masuk partai apa gitu. Saat ini sudah dapat 20 persen, 2024 Pak Gatot bisa maju dengan partai tersebut," kata dia.

Pernyataan Habiburokhman ini menepis pernyataan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nasir Djamil, yang menyebut Prabowo Subianto akan melepas tiket calon presiden yang akan diusung oleh Partai Gerindra.

"Firasat saya Prabowo akan berikan tiketnya kepada orang lain, dan yang paling berpeluang adalah Gatot Nurmantyo," ujar Nasir.

Secara pribadi, Nasir mengatakan Prabowo akan memberikan tiket capres itu untuk orang lain karena Prabowo belum mengisi penuh logistiknya kembali pasca-kekalahan pada Pilpres 2014.

(Baca: Politisi PKS Prediksi Prabowo Tunjuk Gatot sebagai Capres)

Meski begitu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon telah membantah adanya persoalan logistik untuk memenangkan Prabowo Subianto.

"Logistik enggak ada masalah," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Fadli mengatakan, pelaksanaan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif 2019 berlangsung serentak sehingga tidak memakan biaya kampanye yang besar.

Sebab, setiap kader Gerindra yang menjadi calon anggota legislatif (caleg) otomatis akan mengampanyekan Prabowo sebagai capres.

(Theresia Felisiani/Tribunnews.com)
---
Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: "Habiburokhman: Pintu Capres dari Gerindra untuk Gatot Nurmantyo Sudah Tertutup"



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Terkini Lainnya


Close Ads X