Kompas.com - 09/04/2018, 10:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Divisi Humas Polro Irjen Setyo Wasisto mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika terkait bocornya data sejuta pengguna Facebook di Indonesia.

Rencananya pekan ini polisi akan meminta klarifikasi pihak Facebook terkait hal tersebut.

"Diharapkan minggu ini Bareskrim Polri akan memanggil pihak Facebook di Indonesia," ujar Setyo melalui keterangan tertulis, Senin (9/4/2018).

(Baca juga: Ini Dia Pembuat Kuis Facebook yang Bocorkan Data)

Setyo mengatakan, Bareskrim akan menyelidiki informasi Kemenkominfo tersebut. Kasus itu ditangani Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

"Dit Siber Bareskrim akan memulai melaksanakan penyelidikan," kata Setyo.

Sebelumnya, sebanyak satu juta data pengguna Indonesia masuk dalam total 87 juta data pengguna Facebook global yang dipegang Cambridge Analytica.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara telah memanggil perwakilan Facebook Indonesia. Pemanggilan menyusul laporan terbaru Facebook terkait jumlah data pribadi pengguna yang dicuri firma Cambridge Analytica.

(Baca juga: Senin Ini Facebook Bagi Tautan soal Kebocoran Data Pengguna)

Dalam pertemuan tersebut, Menkominfo mengutarakan permintaan kepada Facebook untuk ditindaklanjuti terkait antisipasi kebocoran data pengguna di Indonesia.

"Kami juga minta Facebook sesegera mungkin untuk melakukan shutdown atas aplikasi yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga, terutama kuis-kuis personality test yang model Cambridge Analytica. Itu dimatikan dulu di Indonesia," kata Rudiantara.

Kompas TV Facebook mendapat teguran dan sanksi administrasi terkait pengambilan data pengguna di Indonesia.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.