Kompas.com - 06/04/2018, 20:20 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Brigjen (Pol) Firli resmi menjabat sebagai Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Seusai pelantikan, Firli ditanya oleh wartawan mengenai kelanjutan karir penyidik senior Novel Baswedan.

Firli memastikan Novel masih berstatus pegawai KPK. Namun, mengenai karir Novel di bidang penyidikan, Firli mengatakan bahwa hal itu bergantung pada keputusan pimpinan KPK.

"Kan masih pegawai di sini, itu pimpinan yang memutuskan. Saya tidak mau katakan soal itu, karena saya bukan orang Biro SDM," ujar Firli.

Meski demikian, Firli mengatakan, para pegawai KPK termasuk dirinya tetap menaruh empati terhadap Novel. Menurut dia, penyerangan terhadap Novel merupakan penyerangan terhadap KPK.

Baca juga : Soal Pembentukan TGPF, Novel Baswedan Serahkan ke Jokowi

"Tentu ibarat kelingking kita kena duri, pasti seluruh tubuh merasakan," kata Firli.

Wajah Novel disiram air keras oleh orang tak dikenal seusai menjalankan shalat subuh di masjid dekat kediamannya, pada 11 April 2017 lalu.

Luka parah pada kedua mata Novel akibat siraman air keras tak cukup ditangani di Indonesia. Sejak 12 April 2017, Novel mendapatkan perawatan mata di sebuah rumah sakit di Singapura.

Pada Februari 2018 lalu, Novel telah kembali ke Indonesia. Namun, hingga kini Novel masih melakukan pengobatan mata dan menjalani operasi mata.

Kompas TV Ia ditemani oleh istri, anak, dan rekannya untuk menjalani operasi pada jumat mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.