Demokrat Belum Deklarasikan Dukungan pada Pilkada Sumatera Utara

Kompas.com - 03/04/2018, 14:33 WIB
Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi, Kamis (15/3/2018). DYLAN APRIALDO RACHMAN/KOMPAS.comSekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi, Kamis (15/3/2018).
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan menyatakan, partainya belum mendeklarasikan dukungan kepada pasangan calon mana pun dalam Pilkada Sumatera Utara 2018.

Hal itu disampaikan Hinca menanggapi pernyataan Jopinus Romli (JR) Saragih yang telah mendeklarasikan dukungan kepada pasangan calon yang diusung PDI-P dan PPP, yakni Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus.

JR Saragih sebelumnya dicalonkan oleh Partai Demokrat sebagai pengusung utama, namun gagal karena tersandung masalah ijazah.

"Setelah Pak JR tidak berhasil untuk maju, Demokrat dalam satu-tiga hari ini, akan menentukan sikapnya untuk ikut atau tidak ikut, atau mendukung siapa," kata Hinca di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/4/2018).

Ia menyatakan, saat ini JR Saragih pun tengah menunggu arahan partai dalam mendeklarasikan dukungan dalam Pilkada Sumatera Utara.

(Baca juga: Pilkada Sumut, JR Saragih Dukung Djarot-Sihar)

Hinca mengatakan Sumatera Utara merupakan salah satu lumbung suara pada Pemilu 2019, khususnya untuk wilayah luar Pulau Jawa. Karena itu, Partai Demokrat akan menaruh perhatian penuh untuk menjaga suara di sana.

Hal itu dimulai dari penentuan dukungan dalam Pilkada Sumatera Utara. Ia pun meminta kader Demokrat di sana bersabar.

"Apa pertimbangan menentukan pilihan? Sumut (Sumatera Utara) ini salah satu lumbung suara terbesar di luar Pulau Jawa sebelah barat. Dan Demokrat di Sumut duduki rangking ketiga," kata Hinca.

"Jadi kami punya konsentrasi penuh untuk Sumut dalam rangka mempersiapkan 2018 juga 2019. Jadi kami serius untuk ini dan mohon waktu satu-tiga hari ini kami umumkan," ujar dia.

Sebelumnya, JR Saragih menyatakan dukungan kepada Djarot-Sihar, setelah memastikan diri tak mengajukan kasasi pasca-gugatan bandingnya ditolak majelis hakim Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) Medan, 27 Maret 2018.

"Saya mengajak seluruh relawan agar mendukung pasangan calon Djarot-Sihar pada 27 Juni 2018. Mari kita menangkan demi Sumatera Utara yang lebih baik ke depan," ujar JR Saragih di Simalungun, Senin (2/4/2018).

Dikonfirmasi, Pelaksana Tugas Ketua DPD Demokrat Sumatera Utara, Herry Zulkarnaen mengaku belum menerima pernyataan resmi JR Saragih mendukung pasangan calon tertentu.

Kalaupun ada pernyataan yang beredar mendukung pasangan calon Djarot-Sihar itu merupakan pernyataan pribadi JR Saragih.

(Baca juga: Pilkada Sumut, Sihar Sitorus Apresiasi Dukungan JR Saragih)

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X