Kompas.com - 29/03/2018, 11:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo, Rabu (28/3/2018) sore, menyempatkan diri menonton film Yowis Ben di sela kunjungan kerjanya di Kota Malang, Jawa Timur.

Sejumlah pemeran film itu ikut nonton bersama Presiden, yakni Bayu Skak, Brandon Salim, dan Devina Aureel.

Kepada wartawan seusai menonton, Jokowi mengapresiasi film itu. Sebab, tidak banyak film bioskop yang memasukkan logat bahasa Jawa Timur ke dalam logat pemerannya.

"Saya senang sekali ada sebuah film yang berbahasa daerah Jawa Timur-an. Tetapi, lalu di bawahnya tetap ada terjemahan bahasa Indonesia sehingga semua bisa melihat dan menikmati film ini," ujar Jokowi sebagaimana dikutip dari siaran pers resmi Istana, Kamis (29/3/2018).

"Ini film anak muda yang wajib ditonton mereka yang masih merasa muda. Bagus sekali, banyak lucunya, dan alur ceritanya juga bagus," lanjutnya.

Baca juga: Kesan Presiden Jokowi Seusai Nonton Film Komedi Yowis Ben

Presiden berharap, semakin banyaknya film Indonesia yang diputar di "bioskop, akan memberi kesempatan bagi pembuat film untuk tumbuh dan berkreasi.

"Ini memberikan kesempatan dan peluang bagi film maker di negara kita semakin tumbuh karena jumlah penonton banyak, artinya membuat film itu (memiliki potensi) keuntungan," ujar Jokowi.

Mengutip data Katalog Film Indonesia (KFI), jumlah penonton bioskop pada 2017 mencapai 42 juta orang. Jumlah ini meningkat dibandingkan dengan tahun 2016 yang mencapai 37,2 juta penonton.

Baca juga: Jokowi Sebut Pembuatan Film Meningkat, tetapi Krunya Kurang

Data dari KFI juga menunjukkan bahwa jumlah layar bioskop di penjuru Indonesia meningkat pesat dalam lima tahun terakhir. Hingga Desember 2017, sudah ada 263 gedung bioskop dengan total jumlah layar 1.412.

Jumlah ini meningkat 2,3 kali lipat dibandingkan dengan pengujung 2012 silam, di mana total jumlah layar bioskop adalah 609 yang berada ri 145 gedung bioskop.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.