Soal Polemik Amien Rais-Luhut, Muhammadiyah Yakin Ada Kedewasaan Sikap

Kompas.com - 23/03/2018, 20:11 WIB
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir ditemuI seusai mengikuti resepsi pernikahan putri Mensesneg Pratikno di JEC, Banguntapan, Bantul. KOMPAS.com/Markus YuwonoKetua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir ditemuI seusai mengikuti resepsi pernikahan putri Mensesneg Pratikno di JEC, Banguntapan, Bantul.
Penulis Yoga Sukmana
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir percaya akan ada titik temu antara Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional yang juga mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Amien Rais dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

"Ini kan era terbuka. Jadi era terbuka di mana berbeda dengan era sebelunya. Kami percaya keduanya akan bertemu dan punya titik dialog," ujar Haedar di Kantor PBNU, Jakarta, Jumat (23/3/2018).

Keyakinan PP Muhammadiyah itu dilandasi kepercayaan bahwa kedua tokoh senior tersebut memiliki sikap dewasa dalam menyikapi perbedaan pandangan.

"Bangsa ini sudah dewasa dan insya Allah para elitenya, insya Allah dewasa. Ramai-ramai sedikit ya wajarlah," kata Haedar, sembari tersenyum.


(Baca juga: Jusuf Kalla Ajak Semua Pihak Redam Polemik Luhut Vs Amien Rais)

Seperti diketahui, Amien Rais melontarkan kritik soal program sertifikasi tanah yang dilakukan pemerintah. Hal tersebut membuat pihak pemerintah "panas".

Tanpa menyebut secara langsung siapa yang dia tuju, Luhut Binsar Pandjaitan mengancam akan membongkar aib pribadi orang yang mengkritik program sertifikasi tanah tersebut.

Sebelumnya, Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak menyatakan siap memfasilitasi debat terbuka antara Luhut Binsar Pandjaitan dengan Amien Rais.

Dahnil menyesalkan sikap Luhut yang justru marah dan mengancam akan membuka dosa Amien Rais terkait kritik yang dilontarkan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu.

Seharusnya, Luhut bisa menerima kritik Amien Rais secara terbuka.

"Jika perlu tantang saja Pak Amien untuk berdialog dengan terbuka. Beliau sangat terbuka pasti. Kami siap fasilitasi dialog terbuka ini," kata Dahnil saat dihubungi, Selasa (20/3/2018) malam.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X