BPIP Minta Polri Gelorakan Kembali Pancasila di Tingkat Akar Rumput

Kompas.com - 21/03/2018, 15:35 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto ketika ditemui di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, Kamis (25/1/2018). KOMPAS.com/ MOH NADLIRKadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto ketika ditemui di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, Kamis (25/1/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, pertemuan antara pejabat utama Polri dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) membahas soal program unit tersebut ke depannya.

Rombongan yang dipimpin Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri itu meminta peran serta Polri untuk membangkitkan semangat pancasila di akar rumput.

"Bhabinkamtibmas yang ada di desa yang sekarang berjumlah 40.000 merupakan potensi besar untuk bersama BPIP menggelorakan kembali, membumikan lagi pancasila," ujar Setyo di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu (21/3/2018).

Baca juga : Di Bawah Rindangnya Pohon Sukun, Lima Butir Pancasila Itu Tercipta....

Polri dianggap efektif menjalankan program BPIP karena memiliki jumlah anggota sangat besar. Jumlahnya saat ini mencapai 443.000 personel se-Indonesia. Dengan demikian, Polri siap mendukung program BPIP demi memberi edukasi masyarakat tentang nilai-nilai pancasila.

"Kapolri bilang Polri siap mendukung seluruh jajaran. Tidak hanya bhabiniamtibmas, tapi juga Polres. Kita ke sekolah-sekolah bisa, ke komunitas juga bisa," kata Setyo.

Megawati dan anggota BPIP sebelumnya juga telah menemui pimpinan MPR di kompleks DPR/MPR RI. Pertemuan tersebut membahas penyempurnaan draf naskah Garis Besar Haluan Pembinaan Ideologi Pancasila.

"Ada masukan kita membicarakan UUD 1945. Sebagian publik meminta kembali ke naskah UUD 1945 asli, sebagian lagi menginginkan tetap," kata Ketua MPR Zulkifli Hasan saat membuka pertemuan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X