Setya Novanto Akan Hadirkan Politisi hingga Ahli yang Meringankan di Pengadilan - Kompas.com

Setya Novanto Akan Hadirkan Politisi hingga Ahli yang Meringankan di Pengadilan

Kompas.com - 15/03/2018, 09:05 WIB
Terdakwa kasus korupsi KTP Elektronik Setya Novanto mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (12/3). Sidang mantan ketua DPR itu beragenda mendengarkan keterangan saksi dan saksi ahli yang dihadirkan jaksa penuntut umum. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay Terdakwa kasus korupsi KTP Elektronik Setya Novanto mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (12/3). Sidang mantan ketua DPR itu beragenda mendengarkan keterangan saksi dan saksi ahli yang dihadirkan jaksa penuntut umum.

JAKARTA, KOMPAS.com - Terdakwa dalam kasus korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP) Setya Novanto akan menghadirkan saksi yang meringankan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Rencananya, politisi hingga ahli hukum akan dihadirkan.

"Saksi yang meringankan ada dari teman teman politisi, ada ahli hukum dan ahli keuangan," ujar pengacara Novanto, Firman Wiajaya saat ditemui di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (14/3/2018).

(Baca juga: Menurut Ahli, Rekaman Ungkap Antisipasi Novanto jika Berurusan dengan KPK)

Rencananya, Novanto akan menghadirkan politisi Golkar sekaligus Wakil Ketua MPR, Mahyudin. Kemudian, ahli hukum pidana Mudzakir.

Selain itu, Novanto juga berencana akan menghadirkan Guru Besar Hukum Adminisitrasi Negara Universitas Padjajaran, I Gde Panca Astawa.

Menurut Firman, pihaknya mempersoalkan perbedaan tafsir termasuk pandangan menyangkut kerugian keuangan negara. Keterangan ahli diharapkan dapat memperlemah unsur-unsur yang membuktikan kesalahan Setya Novanto.

"Mudah mudahan bisa memberikan penjelasan yang signifikan," kata Firman.

Kompas TV Jaksa penuntut umum KPK menghadirkan 5 ahli di muka sidang untuk melakukan uji psikologi forensik atas rekaman suara pembicaraan Setya Novanto.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Close Ads X