Berita Populer: Mengenang Stephen Hawking dan Kisah Restorasi Honda Astrea Grand - Kompas.com

Berita Populer: Mengenang Stephen Hawking dan Kisah Restorasi Honda Astrea Grand

Kompas.com - 15/03/2018, 06:35 WIB
Artis pasir Sudarsan Patnaik, Rabu (14/3/2018), memberikan sentuhan terakhir untuk karyanya yang dibuat sebagai penghargaan kepada Stephen Hawking, fisikawan yang meninggal pada hari tersebut di London, Inggris. Karya ini dibuat di India.AFP PHOTO/ASIT KUMAR Artis pasir Sudarsan Patnaik, Rabu (14/3/2018), memberikan sentuhan terakhir untuk karyanya yang dibuat sebagai penghargaan kepada Stephen Hawking, fisikawan yang meninggal pada hari tersebut di London, Inggris. Karya ini dibuat di India.

1. Lubang Hitam hingga Tuhan, Inilah Deretan Pemikiran Stephen Hawking

Stephen Hawking adalah salah satu fisikawan yang berpengaruh di dunia. Alasannya adalah banyak pemikirannya yang "membuka mata" dunia. Pemikiran-pemikiran Hawking mambantu kita mendapatkan pemahaman tentang alam semesta.

Bahkan, fisikawan yang tutup usia hari ini tersebut meninggalkan sejumlah teori pada beberapa topik. Mulai dari lubang hitam, teori penciptaan alam semesta, hingga pendapatnya tentang Tuhan.

Dilansir dari BBC, Rabu (14/03/2018), di antara semua pemikirannya, ada beberapa kutipan yang patut kita kenang.

Soal Lubang Hitam, Hawking bekerjasama dengan pakar kosmologi Roger Penrose dan mendemonstrasikan Teori Relativitas Umum Albert Einstein yang menunjukkan bahwa ruang angkasa dan waktu dimulai pada kelahiran alam semesta dan berakhir dengan lubang hitam.

Memadukan teori Einstein dan teori kuantum, Hawking menemukan bahwa lubang hitam tidak diam saja. Lubang hitam justru berdesis, mengeluarkan radiasi dan partikel, sebelum akhirnya meledak dan menghilang.

Baca selengkapnya: Lubang Hitam Hingga Tuhan, Inilah Deretan Pemikiran Stephen Hawking 

Baca juga: Mengenang Stephen Hawking, dari Topik Bumi Datar hingga Peran Tuhan

 

2. Cerita di Balik Honda Astrea Grand Seharga Rp 80 Juta

Zubastian berpose bersama Honda Astrea Grand lansiran 1991 hasil restorasi yang baru saja dijualnya seharga Rp 80 juta kepada seorang rekannya.Dokumentasi Pribadi/Zubastian Zubastian berpose bersama Honda Astrea Grand lansiran 1991 hasil restorasi yang baru saja dijualnya seharga Rp 80 juta kepada seorang rekannya.
Satu unit Honda Astrea Grand lansiran 1991 tengah ramai diperbincangkan di jagat media sosial. Pasalnya, ada salah seorang yang disebutkan berani membayar motor tersebut seharga Rp 80 juta.

Tidak hanya itu, bagian jok dari motor tersebut juga terlihat masih dibungkus plastik. Pelatnya juga berwarna putih sehingga seolah-olah seperti motor yang baru dibeli dari diler.

Pemilik yang telah menjual motor tersebut diketahui bernama Zubastian Rachman, warga Bintaro, Tangerang Selatan. Menurut Tian, motor tersebut merupakan hasil restorasi dari motor bekas yang dibelinya seharga Rp 3,4 juta.

Motor dibeli dari seorang warga Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, sekitar tiga bulan silam. Menurut Tian, tujuannya membeli motor Astrea Grand bekas lawas dilatarbelakangi hobinya memodifikasi motor.

Baca selengkapnya: Cerita di Balik Honda Astrea Grand Seharga Rp 80 Juta

 

3. Viral Video Sapi Ditarik Mobil Satpol PP hingga Terkapar Terjadi di Bulukumba

Video seekor sapi yang ditarik mobil Satpol PP hingga terkapar viral di media sosial. Aksi yang terjadi di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, itu dikecam ribuan warganet.dok. Facebook Video seekor sapi yang ditarik mobil Satpol PP hingga terkapar viral di media sosial. Aksi yang terjadi di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, itu dikecam ribuan warganet.
Video seekor sapi yang ditarik mobil Satpol PP hingga terkapar viral di media sosial. Aksi itu dikecam ribuan warganet, termasuk artis-artis ibu kota, seperti Sophia Latjuba.

Akhirnya terungkap, penyeretan hewan ternak tersebut diketahui dilakukan petugas Satpol PP saat menjalankan penertiban di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo telah menerbitkan surat perintah kepada Bupati Bulukumba agar memberikan teguran keras kepada anggota Satpol PP Pemkab Bulukumba yang melakukan aksi itu.

Baca selengkapnya: Viral Video Sapi Ditarik Mobil Satpol PP hingga Terkapar Terjadi di Bulukumba

 

4. Dianggap Berjasa bagi TNI, Kapolri Diberi Tiga Penghargaan Sekaligus

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menerima penghargaan dari TNI AD, TNI AU, dan TNI AL di Mabes TNI Cikangkap, Jakarta Timur, Rabu (14/3/2018).KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menerima penghargaan dari TNI AD, TNI AU, dan TNI AL di Mabes TNI Cikangkap, Jakarta Timur, Rabu (14/3/2018).
Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian menerima tiga penghargaan dari TNI. Penyematan lencana dilakukan langsung Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Acara penganugerahan penghargaan tersebut juga dihadiri pejabat utama Polri dan TNI. Penghargaan yang diberikan adalah Bintang Kartika Eka Paksi Utama dari TNI Angkatan Darat, Bintang Bintang Jalasena Utama dari TNI Angkatan Laut, dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama dari TNI Angkatan Udara.

Hadi mengatakan, penghargaan sebagai bentuk apresiasi terhadap Tito dan Polri yang selama ini membantu tugas TNI. "TNI memberi penghargaan atas kerja samanya sehingga TNI mampu melaksanakan tugas pokok dengan baik," ujar Hadi di Kompleks Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (14/3/2018).

Baca selengkapnya: Dianggap Berjasa bagi TNI, Kapolri Diberi Tiga Penghargaan Sekaligus

 

5. Akhir Tak Terduga dari Pertemuan Pemakan Semut Raksasa dengan Jaguar

Seekor jaguar mendekati pemakan semut raksasa yang sedang minum air di danau Pantanal, Brasil.Lake Massey Seekor jaguar mendekati pemakan semut raksasa yang sedang minum air di danau Pantanal, Brasil.
Alam liar adalah arena yang mengerikan. Dari waktu ke waktu, terjadi pertarungan sengit antara predator dan mangsa.

Hal itulah yang dikira akan terjadi oleh fotografer Lake Massey ketika dia melihat seekor jaguar mendekati pemakan semut raksasa yang sedang minum air di Danau Pantanal, Brasil. Jaguar tersebut tampak siap menyerang.

Namun, ia malah diam dan sekadar mengamati pemakan semut raksasa.

“Ketika aku melihat jaguar berjalan di belakang pemakan semut raksasa yang sama sekali tidak menyadarinya, dan saat itu mudah diserang, aku berasumsi akan melihat pembunuhan atau setidaknya pertarungan luar biasa. Aku tidak menyangka jaguar akan berbaring dan menonton,” ujar Massey kepada National Geographic, Rabu (7/3/2018).

Baca selengkapnya: Akhir Tak Terduga dari Pertemuan Pemakan Semut Raksasa dengan Jaguar

 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Close Ads X