Saat Jokowi Ditodong Modal Usaha oleh Emak-Emak... - Kompas.com

Saat Jokowi Ditodong Modal Usaha oleh Emak-Emak...

Kompas.com - 14/03/2018, 11:02 WIB
Presiden Joko Widodo mengunjungi pondok pesantren An Nawawi di Balaraja, Serang, Banten, Rabu (14/3/2018).KOMPAS.com/IHSANUDDIN Presiden Joko Widodo mengunjungi pondok pesantren An Nawawi di Balaraja, Serang, Banten, Rabu (14/3/2018).

SERANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo ditodong oleh seorang ibu-ibu agar membantu memberi modal untuk usahanya. Hal itu terjadi saat Jokowi menghadiri peluncuran Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren An Nawawi, di Serang, Banten, Rabu (14/3/2018).

Awalnya, Jokowi memberi penjelasan kepada ibu-ibu nasabah Bank Wakaf Mikro yang hadir di Pondok Pesantren tersebut.

Jokowi mengatakan, Bank Wakaf Mikro adalah program yang bertujuan untuk membantu masyarakat kecil mendapatkan modal usaha.

(Baca juga: OJK Terbitkan Izin untuk 20 Bank Wakaf Mikro)

 

Berbeda dari Bank biasa, Bank Wakaf Mikro tidak mengenakan bunga kepada nasabah yang meminjam uang.

"Hanya ada biaya administrasi 3 persen per tahun," kata Jokowi.

Setelah selesai bicara, Jokowi mempersilahkan kepada puluhan ibu-ibu yang hadir apabila hendak bertanya. Seorang ibu-ibu bernama Bahiya langsung tunjuk tangan.

"Saya pengen tanya pak...," kata Bahiya sambil tersenyum malu.

"Ya silahkan tanya aja," kata Jokowi.

"Kira kira kalau minta tambahan modal dapat enggak dari Bapak?" kata Bahiya lagi.

Pertanyaan Bahiya itu sontak membuat ibu-ibu lainnya tertawa. Begitu juga Jokowi dan para pejabat yang hadir tak kuasa menahan tawa.

"Kok tambahan modal dari saya gimana ini. Ini ibu ibu disiapkan Bank Wakaf Mikro oleh pemerintah ini digunakan lah sebaik-baiknya," kata Jokowi.

(Baca juga: OJK Beri Izin Operasi 3 Bank Wakaf Mikro di Jateng)

 

Jokowi mengatakan, dalam Bank Wakaf Mikro sudah disiapkan uang yang banyak. Hanya saja, Bank Wakaf Mikro memang tidak bisa langsung memberi pinjaman modal dengan jumlah yang banyak.

Sebab, Bank Wakaf Mikro juga harus melihat kemampuan nasabah dalam membayar pinjaman.

"Nanti kalau sudah dilihat usahanya berkembang mungkin bisa saja oh bagus ini ditambah lagi. Enam bulan berkembang bagus ditambah lagi. Yang kita harapkan itu," kata Jokowi.

"Jangan tambahan minta dari Presiden," tambah dia sambil tertawa.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan bahwa Bank Wakaf Mikro akan melihat kedisiplinan nasabah dalam membayar cicilan pinjaman. Jika tak disiplin membayar, maka Bank Wakaf Mikro akan sulit memberi pinjaman selanjutnya.

"Yang penting disiplin tiap minggu mengangsur mencicil. Sambil mengadakan pengajian disini, saya kira sangat bagus," kata Jokowi.


Komentar
Close Ads X