Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo "Turun Gunung" Dongkrak Elektabilitas Asyik di Pilkada Jabar

Kompas.com - 01/03/2018, 19:25 WIB
Kristian Erdianto,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman dan Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno di kediaman pribadinya, Jalan Kertanegara, Kebayoran, Jakarta Selatan, Kamis (1/3/2018).

Dalam pertemuan sekitar tiga jam itu ketiganya membahas terkait strategi pemenangan pasangan Mayjen TNI (Purn) Sudrajat dan Ahmad Syaikhu (Asyik) yang maju dalam Pilkada Jawa Barat 2018.

Sesuai pertemuan, Prabowo menuturkan bahwa dirinya akan "turun gunung" untuk membantu kampanye pasangan Sudrajat Syaikhu.

Ia berencana akan mendatangi sebanyak mungkin kabupaten dan kota di Jawa Barat.

"Saya sudah merencanakan saya akan datangi sebanyak mungkin kabupaten kota di Jawa Barat. Saya akan kunjungi," ujar Prabowo.

Pada kesempatan yang sama Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan, pertemuan tersebut menghasilkan beberapa strategi pemenangan pasangan Sudrajat-Syaikhu.

(Baca juga: Aher Siap Menangkan Sudrajat-Syaikhu pada Pilkada Jawa Barat 2018)

 

Ia yakin pasangan yang diusung oleh PKS, Gerindra dan PAN itu mampu meraih suara lebih dari 40 persen, meski berdasarkan survei elektabilitasnya masih rendah.

"Kami mencoba membangun assessment ya, mengkaji bagaimana kekuatan dari pasangan kita. Alhamdulillah kita bisa semakin yakin bahwa pasangan kita, walaupun hari ini masih pada posisi yang mungkin belum kita harapkan, belum posisi tertinggi," kata Sohibul.

Sebelumnya Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN) sepakat berkoalisi untuk mendukung pasangan Sudrajat-Syaikhu dengan modal 27 kursi di DPRD.

Sudrajat-Syaikhu akan bersaing dengan tiga pasangan lainnya. Pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi. Keduanya diusung partai Demokrat dan Golkar dengan 29 kursi DPRD. 

Sementara pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum yang diusung Nasdem, PKB, PPP, dan Hanura dengan 24 kursi DPRD.

Sementara pasangan TB Hasanudin-Anton Charliyan didukung PDI-P dengan 20 kursi DPRD.

Kompas TV Sudrajat-Syaikhu maju dengan dukungan 3 partai politik, yaitu, Gerindra, PKS dan PAN.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com