Kompas.com - 23/02/2018, 22:16 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai belum ada satu pun keterangan Setya Novanto yang dianggap signifikan untuk mengungkap pelaku lain. Hal tersebut semakin memperkecil peluang Novanto untuk mendapat status sebagai justice collaborator.

"Sejauh ini belum ada informasi signifikan dari terdakwa Setya Novanto kepada KPK," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK Jakarta, Jumat (23/2/2018).

Menurut Febri, informasi yang disampaikan Novanto hampir sama dengan data yang dimiliki KPK sejak awal. Misalnya, dugaan penerimaan oleh sejumlah orang yang dilaporkan Novanto, telah diuraikan jaksa dalam surat dakwaan terhadap tiga terdakwa lainnya.

Baca juga : Permohonan Justice Collaborator dan Sikap Novanto yang Tak Sejalan

Menurut Febri, selama persidangan masih berjalan, Novanto memiliki kesempatan untuk mengungkap pelaku lainnya. Misalnya disampaikan dalam sidang pemeriksaan terdakwa.

KPK mengingatkan agar Novanto memenuhi syarat-syarat untuk ditetapkan sebagai pelaku yang bekerja sama dengan penegak hukum. Tanpa keseriusan Novanto, permohonan sebagai justice collaborator tersebut dapat ditolak KPK.

"Dikabukan atau tidak, akan bergantung hasil pembicaraan dengan jaksa penuntut umum," kata Febri.

Kompas TV Terdakwa kasus korupsi KTP elektronik Setya Novanto menjamin seribu persen tuduhan Nazaruddin terhadap Fahri Hamzah tidak benar.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.