Kompas.com - 23/02/2018, 17:00 WIB

DENPASAR, KOMPAS. com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi diusung PDI Perjuangan sebagai calon presiden (capres) dalam Pilpres 2019.

Namun, keputusan partai tersebut tidak sekaligus menyertakan siapa nama calon pendamping Jokowi.

Jokowi sendiri pun tidak bisa menjawab secara lugas siapa yang akan dia pilih menjadi pendampingnya. Alih-alih memberikan kepastian jawaban, dia malah menyebut nama istrinya sendiri.

"Pendampingnya? Namanya Iriana," sambil tersenyum jahil, di Pura Dalem Sakenan, Denpasar, Bali, Jumat (23/2/2018).

Tak puas dengan jawaban Jokowi, para wartawan kembali menanyakan, "sudah ada calonnya, pak?"

(Baca juga: Berterima Kasih Telah Diusung PDI-P, Jokowi Akan Bawa Spirit Berdikari)

"Ada di sini," jawab Jokowi sambil mengarahkan jari telunjuk ke kepalanya.

Penetapan resmi Jokowi sebagai capres dipimpin oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dalam Rapat Kerja Nasional ketiga PDI-P di Denpasar, Bali, Jumat (23/2/2018).

"Jadi dalam Rakernas ketiga PDI Perjuangan di Bali, Ketua Umum PDI Perjuangan menetapkan kembali saya sebagai calon presiden 2019-2024," ujar Jokowi di sela Rakernas ketiga PDI-P di Bali, Jumat.

"Secara pribadi saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan," kata Jokowi.

Jokowi pun berjanji untuk menunaikan amanah yang diberikan partai berlambang banteng itu. Apalagi, dalam rakernas ini, PDI-P mengusung tema Berdikari atau Berdiri di atas Kaki Sendiri yang merupakan ajaran Presiden pertama RI Soekarno.

"Spirit Berdikari yang dipesankan Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati. Terutama dalam hal pangan energi, pertahanan, dan keuangan," ucap Jokowi.

Kompas TV PDI Perjuangan mengisyaratkan kembali mendukung Joko Widodo sebagai Capres di Pilpres 2019 nanti.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.