Pelantikan Pimpinan DPR dari PDI-P Ditunda - Kompas.com

Pelantikan Pimpinan DPR dari PDI-P Ditunda

Kompas.com - 14/02/2018, 11:17 WIB
Ketua DPR Bambang Soesatyo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (1/2/2018)Kompas.com/Rakhmat Nur Hakim Ketua DPR Bambang Soesatyo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (1/2/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPR Bambang Soesatyo menyatakan pelantikan Pimpinan DPR baru dari Fraksi PDI-P belum bisa dilangsungkan di masa sidang kali ini, yakni masa sidang ke-3 tahun sidang 2017-2018.

Bamsoet, sapaannya, menyatakan, sedianya pelantikan dilakukan di masa sidang ini namun ditunda karena Presiden Jokowi sedang melakukan kunjungan kerja ke Ambon, Maluku. Dengan demikian Undang-undang MD3 yang baru disahkan belum ditandatangani presiden.

"Karena ada kendala teknis tersebut maka pelantikan ditunda pada pembukaan masa sidang berikutnya," kata Bamsoet saat membuka rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/2/2018).

(Baca juga: Akademisi: Tidak Ada Urgensinya Penambahan Kursi Pimpinan DPR-MPR)

Hal senada disampaikan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Fahri mengatakan awalnya pelantikan dilakukan pada rapat paripurna penutupan masa sidang ini namun hingga saat ini belum ada penomoran Undang-undang MD3.

"Kalau paripurnanya berlangsung tanpa Bamus (Badan Musyawarah) ya berarti surat belum masuk. Nomor belum ada," kata Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Kompas TV Menurut Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif, hak imunitas anggota DPR sebagaimana dalam UU MD3 yang baru pernah dibatalkan MK.


Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X