Kompas.com - 12/02/2018, 09:38 WIB
Logo KPU Logo KPU

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU)/KIP Provinsi dan Kabupaten/Kota menetapkan pasangan calon (Paslon) peserta Pilkada Serentak 2018, pada hari ini, Senin (12/2/2018).

Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik mengatakan, pengumuman penetapan akan dilakukan oleh KPU di daerah masing-masing yang menyelenggarakan Pilkada Serentak 2018.

"Mereka bilang acaranya rata-rata jam 10, dan jam 11. Jadi yang mengumumkan KPU di daerah masing-masing," kata Evi.

Setelah pengumuman penetapan berlangsung, KPU/KIP Provinsi dan Kabupaten/Kota melaporkan hasil penetapan ke KPU RI (pusat).

(Baca juga: KPU Daerah Diminta Antisipasi Penetapan Peserta Pilkada pada 12 Februari)

Kemudian, kata Evi, KPU RI akan merekap hasil penetapan tersebut. Evi menambahkan, rekapitulasi hasil penetapan secara menyeluruh bisa dilakukan malam ini juga apabila seluruh laporan telah masuk, atau besok Selasa (13/2/2018).

"Atau bisa dilihat di sitap.kpu.go.id, daerah mana saja yang sudah melaporkan. Tapi untuk seluruh, tunggu rekapitulasi dari KPU RI," pungkas Evi.

Pilkada Serentak 2018 diikuti oleh 171 daerah, terdiri dari 17 provinsi, 115 kabupaten, dan 39 kota. Jumlah paslon yang mendaftarkan diri sebanyak 580 paslon, dengan status 569 pendaftaran diterima dan 11 pendaftaran ditolak.

Dari 569 pendaftaran yang diterima, sebanyak 440 paslon mendaftar dari jalur partai politik (parpol) dan 129 paslon mendaftar dari jalur perseorangan atau independen.

Kompas TV Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat akan bekerja sama dengan KompasTV untuk menyukseskan Pilkada 2018.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.