Merdunya Alunan Angklung Terdengar Sampai Negeri Kanguru

Kompas.com - 27/01/2018, 20:11 WIB
Grup musik angklung asal Bandung, Muhibah Angklung saat tampil di Queen Street, Brisbane, Australia, Kamis (25/1/2018). Kompas.com/KrisiandiGrup musik angklung asal Bandung, Muhibah Angklung saat tampil di Queen Street, Brisbane, Australia, Kamis (25/1/2018).
|
EditorSabrina Asril

BRISBANE, KOMPAS.com - Muhibah Angklung, grup musik angklung dari Kota Bandung menggelar tur di empat kota di Australia. Tim yang terdiri dari mahasiswa dan pelajar ini manggung di Melbourne, Canberra, Brisbane dan Sydney selama 12 hari.

Di Brisbane, Muhibah Angklung tampil di Queen Street, Kamis (25/1/2017). Queen Street adalah jantung kota yang juga pusat perbelanjaan yang banyak dilewati warga.

Tempat tersebut dekat alun-alun yang menjadi tempat berkumpul masyarakat Ibu Kota Negara Bagian Queensland ini.

Grup musik yang beranggotakan siswa dari 16 sekolah dan mahasiswa dari empat perguruan tinggi di Bandung ini berangkat ke Negeri Kanguru atas biaya sendiri.

Ketua Tim Maulana M Syuhada saat ditemui Kompas.com di Brisbane mengungkapkan, tim sempat mencari sponsor, namun tak kunjung didapat.

Baca juga: Melestarikan Angklung sebagai Warisan Budaya Dunia

"Kami tetap berangkat dengan biaya swadaya. Urunan," kata Maulana usai penampilan Muhibah Angklung.

Kenekatan ini, kata dia, adalah karena rasa tanggung jawab terhadap angklung. Selain juga agar anggota grup musik yang sudah sembilan bulan berlatih bisa tampil di hadapan masyarakat Australia.

Maulana menjelaskan, alat musik angklung sudah diakui Unesco sebagai warisan budaya dunia. Status tersebut bisa dicabut jika mereka yang bertanggung jawab atas angklung tak mempromosikan alat musik khas Jawa Barat itu secara berkelanjutan.

Total biaya tur Australia ini mencapai Rp 654 juta.

"Kami merasa punya tanggung jawab untuk pengakuan terhadap angklung ini," ujar Maulana.

Baca juga: 6.000 Pelajar Main Angklung di Gedung Sate

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X