Kompas.com - 17/01/2018, 08:38 WIB
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com — Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat DPP Partai Golkar Roem Kono membenarkan kabar akan dilantiknya Sekjen DPP Partai Golkar Idrus Marham sebagai Menteri Sosial menggantikan Khofifah Indar Parawansa.

"Ya, benar (Idrus akan dilantik sebagai Menteri Sosial)," kata Roem melalui pesan singkat, Rabu (17/1/2018).

Khofifah diketahui telah mengajukan surat pengunduran diri sebagai Menteri Sosial lantaran telah mendaftar sebagai calon gubernur Jawa Timur pada Pilkada Jatim 2018.

Meski tak ada ketentuan untuk mundur bagi menteri yang maju dalam pilkada, Khofifah yang juga diusung Partai Golkar ini memilih mundur.

Khofifah Indar Parawansa maju pada Pilkada Jawa Timur didampingi Bupati Trenggalek Emil Dardak sebagai calon wakil gubernur.

Idrus Marham saat ini sudah berada di Istana Kepresidenan. Namun, Idrus tidak memberikan konfirmasi saat ditanya apakah dia akan dilantik sebagai Menteri Sosial.

(Baca juga: Jokowi Reshuffle: Moeldoko dan Idrus Marham Masuk Kabinet)

Berdasarkan agenda kepresidenan yang diterima Kompas.com, Presiden Joko Widodo direncanakan melantik sejumlah pejabat baru, Rabu (17/1/2018) pukul 09.00, termasuk di dalamnya menteri baru pengganti Khofifah.

Sebagaimana dikutip dari Kompas.id, selain melantik Idrus Marham menggantikan Khofifah, Presiden Joko Widodo juga akan melantik sejumlah pejabat hasil perombakan kabinet.

Adapun mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko bakal dilantik sebagai Kepala Staf Presiden menggantikan Teten Masduki.

Presiden juga dikabarkan akan mengangkat beberapa staf khusus dan anggota baru Dewan Pertimbangan Presiden untuk menggantikan KH Hasyim Muzadi yang telah tutup usia.

Pelantikan akan dilakukan pagi ini di Istana Negara Jakarta berbarengan dengan pelantikan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Madya TNI Yuyu Sutisna yang sebelumnya Wakil KSAU.

Kompas TV Terkait pengganti Khofifah, JK belum bersedia membahasnya.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.