Kalbar dan Papua Paling Rawan Konflik di Pilkada 2018, Polri Akan Kuatkan Pengamanan

Kompas.com - 16/01/2018, 06:08 WIB
Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian ketika ditemui di kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin (15/1/2018). KOMPAS.com/ MOH NADLIRKapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian ketika ditemui di kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin (15/1/2018).
EditorDiamanty Meiliana

JAKARTA, KOMPAS.com - Kalimantan Barat dan Papua disebut Kapolri Jenderal Tito Karnavian sebagai daerah yang rawan konflik pada Pilkada 2018.

"Informasi (daerah rawan pilkada) yang sementara masuk ke kita itu Kalbar dan Papua. Partai pendukung pemerintah dan partai oposisi yang ada di sana `head to head`," ujar Tito di Kemendagri, Jakarta, Senin (16/1/2018), sebagaimana dikutip dari Antaranews.com.

Sehingga, ia mengatakan, pihaknya akan menguatkan pengamanan di dua daerah tersebut.

"Kita melihat cukup banyak juga daerah dengan calon tunggal, ini otomatis akan aman. Kekuatan Polri di sana akan secukupnya saja, kekuatan akan kita arahkan ke yang rawan isu-isu sensitif," jelas Tito.

(Baca juga: Kapolri: Anggaran Pengamanan Pilkada 2018 Baru 60 Persen Terpenuhi)

Dalam merancang sistem pengamanan saat Pilkada 2018, Tito mengaku juga akan bekerjasama dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Nanti kita lihat kekuatan operasi Polri dan TNI, sudah memadai atau belum. Kalau cukup silahkan kerja sama, kalau kurang saya akan perintahkan jajaran Polri menambah kekuatan. Panglima juga cari solusi tambahannya dari TNI," kata Kapolri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menjelang perhelatan pemilihan kepala daerah 2018, Tito juga akan menekankan netralitas kepada jajarannya, agar tidak berpihak ketika menjalankan tugas.

"Saya sendiri juga sudah berjanji dengan Pak Panglima TNI akan berputar ke semua wilayah. Kita mulai dari Kalimantan Timur pada Rabu. Saya dan panglima akan beri arahan ke jajaran untuk netral," terang dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.