Februari 2018, Dana PKH Tahap Pertama Dicairkan untuk 10 Juta Keluarga

Kompas.com - 15/01/2018, 21:32 WIB
Presiden Joko Widodo (memberikan sambutan saat menghadiri acara Muktamar ke-12 Jamiyyah Ahlit Thariqah Al Mutabarah An Nahdliyyah (JATMAN) di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (15/1). Selain menghadiri acara tersebut, presiden juga diagendakan menyerahkan sejumlah bantuan sosial kepada masyarakat sekitar Kabupaten Pekalongan, di antaranya Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Program Keluarga Harapan. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/18 Harviyan Perdana PutraPresiden Joko Widodo (memberikan sambutan saat menghadiri acara Muktamar ke-12 Jamiyyah Ahlit Thariqah Al Mutabarah An Nahdliyyah (JATMAN) di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (15/1). Selain menghadiri acara tersebut, presiden juga diagendakan menyerahkan sejumlah bantuan sosial kepada masyarakat sekitar Kabupaten Pekalongan, di antaranya Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Program Keluarga Harapan. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/18
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Dana bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) tahap pertama untuk 10 juta keluarga di Indonesia dapat dicairkan, Februari 2018 mendatang.

Hal ini diungkapkan Presiden Joko Widodo ketika menyalurkan bantuan sosial PKH, Senin (15/1/2018) di halaman SMAN 1 Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Presiden pun meminta keluarga penerima manfaat PKH betul-betul memanfaatkan dana tersebut.

"Pesan saya, uang tersebut digunakan untuk keperluan anak sekolah dan tambahan gizi anak serta ibu hamil. Jangan dipakai untuk beli pulsa dan rokok," ujar Jokowi seperti dikutip dari siaran pers Kementerian Sosial, Senin.

"Kalau ketahuan membeli pulsa (dan rokok), maka langsung dicabut," kata dia.

(Baca juga: Jokowi: Dana PKH Tak Boleh untuk Beli Rokok)

Diketahui, jumlah dana PKH yang diterima satu keluarga penerima manfaat, yakni sebesar Rp 1.890.000. Adapun, pencairan tahap pertama adalah sebesar Rp 500.000.

Di Jawa Tengah sendiri, pemerintah menggelontorkan dana bantuan sosial sebesar Rp 1,8 triliun pada 2017. Khusus di Kabupaten Pekalongan, dana bantuan sosial PKH sebesar Rp 40,2 miliar untuk 21.282 keluarga penerima manfaat.

Tahun 2018, jumlah keluarga penerima manfaat di Jawa Tengah akan bertambah menjadi 36.772 keluarga.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa pun berharap pemerintah daerah turut berperan aktif dalam mengawasi pelaksanaan seluruh program bantuan sosial pemerintah, mulai dari PKH, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Pangan.

(Baca juga: Penerima PKH Tahun Depan Naik Jadi 10 Juta Jiwa)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X