Jusuf Kalla: Dulu Hampir Tiap Minggu Ada Pilkada, Biasa Saja - Kompas.com

Jusuf Kalla: Dulu Hampir Tiap Minggu Ada Pilkada, Biasa Saja

Kompas.com - 12/01/2018, 19:30 WIB
Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla menyebut bahwa infrastruktur olahraga Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang akan menjadi yang terbaik di Asia. Hal itu diungkapkan Ketua Dewan Pembina Pantia Penyelenggara Asian Games ( Inasgoc) tersebut di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Rabu (20/12/2017)KOMPAS.com/ MOH NADLIR Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla menyebut bahwa infrastruktur olahraga Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang akan menjadi yang terbaik di Asia. Hal itu diungkapkan Ketua Dewan Pembina Pantia Penyelenggara Asian Games ( Inasgoc) tersebut di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Rabu (20/12/2017)

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Presiden Jusuf Kalla meyakini gelaran pilkada serentak 2018 akan berjalan aman. Dia menilai Indonesia mempunyai pengalaman menggelar pilkada serentak dan prosesnya lancar-lancar saja.

"Setiap lima tahun itu tahun politik, biasa saja. Bahkan dulu hampir tiap minggu ada pilkada, jadi biasa saja, saya yakin aman," ujarnya di Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Meski Wapres yakin pilkada serentak berjalan aman, kepolisan tetap menilai pergelaran demokrasi di 171 daerah tetap memiliki potensi gangguan keamanan.

Baca juga: Kapolri Larang Anggotanya Foto Bersama Calon Kepala Daerah

Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian mengatakan, potensi gangguan dirasakan bahkan sejak awal tahun saat para pasangan calon mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Polarisasi masyarakat yang terjadi saat pilkada berpotensi menciptakan gesekan-gesekan di masyarakat antara pendukung pasangan calon satu dengan lainnya.

Dalam pilkada serentak 2018 akan ada 31 provinsi dengan 171 wilayah yang menggelar pesta politik.

Polri menilai ada lima provinsi yang tingkat kerawanan gangguannya diperkirakan tinggi. Kelima daerah tersebut adalah Kalimantan Barat, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Kompas TV Dari Jawa Timur, dua pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur menjalani psikotes di Rumah Sakit Graha Amerta, RSU Dokter Sutomo Surabaya.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorSabrina Asril
Komentar

Close Ads X