Fakta Seputar Pilkada Sumsel: Adu Sakti di Bumi Sriwijaya

Kompas.com - 11/01/2018, 23:52 WIB
(Ki-ka) Herman Deru, Dodi Reza Alex Noerdin, Ishak Mekki, dan Saifudin Aswari RivaiANTARA FOTO, LAHATKAB.GO.ID (Ki-ka) Herman Deru, Dodi Reza Alex Noerdin, Ishak Mekki, dan Saifudin Aswari Rivai

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertarungan Pilkada di Bumi Sriwijaya, Sumatera Selatan, akan diramaikan oleh empat pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur.

Keempat pasangan tersebut yaitu Ishak Mekki-Yudha Pratomo, Dodi Reza Alex-Giri Ramandha Kiemas, Herman Deru-Mawadi Yahya, dan Asmawi Rivai-Muhammad Irwansyah.

Kompas.com merangkum beberapa fakta menarik seputar Pilkada Sumsel, berikut daftarnya:

1. Petahana Dikerumuni Para Bupati

Gubernur Sumsel Alex Noerdin memang tak lagi maju, namun petahana tetap memiliki wakil sebab Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki memutuskan maju sebagai bakal calon gubernur di Pilkada 2018.

Namun pria kelahiran Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir pada 1 Maret 1958 itu punya para pesaing kuat.

Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki (kedua kiri)-Yudha Pratomo Mahyuddin (kiri) menerima berkas pendaftaran dari Ketua KPU Sumsel Aspahani (kedua kanan) di KPU Sumsel Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (9/1/2018). Ishak Mekki-Yudha Pratomo Mahyuddin yang diusung Partai Demokrat, PPP dan Partai Bulan Bintang (PBB) akan maju sebagai bakal calon Gubernur dan bakal calon Wakil Gubernur Provinsi Sumsel pada Pilkada Sumsel 2018.ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki (kedua kiri)-Yudha Pratomo Mahyuddin (kiri) menerima berkas pendaftaran dari Ketua KPU Sumsel Aspahani (kedua kanan) di KPU Sumsel Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (9/1/2018). Ishak Mekki-Yudha Pratomo Mahyuddin yang diusung Partai Demokrat, PPP dan Partai Bulan Bintang (PBB) akan maju sebagai bakal calon Gubernur dan bakal calon Wakil Gubernur Provinsi Sumsel pada Pilkada Sumsel 2018.

Tiga nama bakal calon gubernur Sumsel lainnya adalah para bupati atau eks bupati di Sumsel.

Pertama, Dodi Reza Alex. Ia Bupati Musi Banyuasin periode 2017-2021. Politisi kelahiran Palembang 1 November 1970 ini belum genap setahun menjabat sebagai Bupati Banyuasin.

Kedua, Herman Daru. Ia merupakan Bupati Ogan Komering Ulu Timur dua periode yakni 2005-2010 dan 2010-2015.

Sementara itu bakal calon gubernur Sumsel terkahir adalah Aswari Rivai, Bupati Kabupaten Lahat dua periode yaitu 2008-2014 dan 2014-2018.

Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel Dodi Reza Alex Noerdin (kir)-Giri Ramandha Kiemas (kanan) berpidato di hadapan para pendukungnya saat deklarasi di Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (10/1). Dodi Reza Alex Noerdin-Giri Ramandha Kiemas yang diusung Partai Golkar, PDI Perjuangan dan PKB akan maju sebagai pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur  Provinsi Sumsel pada Pilkada Sumsel 2018. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc/18.NOVA WAHYUDI Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel Dodi Reza Alex Noerdin (kir)-Giri Ramandha Kiemas (kanan) berpidato di hadapan para pendukungnya saat deklarasi di Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (10/1). Dodi Reza Alex Noerdin-Giri Ramandha Kiemas yang diusung Partai Golkar, PDI Perjuangan dan PKB akan maju sebagai pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumsel pada Pilkada Sumsel 2018. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc/18.

2. Pertaruhan Dua Anak Gubernur

Pilkada Sumsel 2018 juga dipastikan akan menyuguhkan pertarungan antara dua anak gubernur, meski tidak secara head to head.

Pertama yakni Dodi Reza Alex yang maju sebagai calon gubernur. Politisi Golkar ini merupakan anak dari Gubenur Sumsel saat ini, Alex Noerdin.


Page:
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X