Jokowi: Mulai Januari, Blok Mahakam 100 Persen Dikuasai Pertamina

Kompas.com - 09/01/2018, 06:57 WIB
Presiden Joko Widodo bersalaman dengan warga saat kunjungan kerja di Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Senin (8/1/2018). Agus Suparto/Fotografer KepresidenanPresiden Joko Widodo bersalaman dengan warga saat kunjungan kerja di Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Senin (8/1/2018).
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

ROTE NDAO, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo memastikan, negara melalui Pertamina telah mengambil alih 100 persen Blok Mahakam.

Hal itu disampaikan Jokowi saat berpidato pada acara Rakornas Bara JP di Auditorium Tiilanga, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Senin (8/1/2018). 

"Mulai Januari, Blok Mahakam sudah 100 persen saya serahkan kepada Pertamina," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, hal itu terwujud karena usaha pemerintah. Sebelumnya, Indonesia hanya punya bagian kecil saham dari pengelolaan migas di Blok Mahakam.

Baca juga: Per 1 Januari 2018, Pertamina Resmi Kuasai Blok Mahakam

"Dulu Indonesia 1 persen saja enggak punya sahamnya. Sekarang kita berikan 100 persen ke Pertamina," ujar Jokowi.

Diberitakan, terhitung per 1 Januari 2018, Pertamina resmi mengambil alih pengelolaan Blok Mahakam dari perusahaan asal Perancis, Total E&P Indonesia dan Inpex Corporation, yang mengelola blok tersebut 50 tahun.

Tidak hanya Blok Mahakam, Presiden Jokowi juga menyampaikan perkembangan negosiasi pemerintah dengan PT Freeport Indonesia.

"Freeport lagi diurus. Kita ingin saham kita lebih besar. Nanti kalau sudah rampung, saya akan jelaskan ke Bapak-Ibu," ujar Jokowi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X