Jokowi: Kampanye Hitam Harus Dihilangkan dari Demokrasi Kita!

Kompas.com - 08/01/2018, 17:07 WIB
Presiden Joko Widodo saat melaksanakan tanya jawab dengan wartawan di Universitas Muhammadiyah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin (8/1/2018). KOMPAS.com/FABIAN JANUARIUS KUWADOPresiden Joko Widodo saat melaksanakan tanya jawab dengan wartawan di Universitas Muhammadiyah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin (8/1/2018).
|
EditorSabrina Asril

KUPANG, KOMPAS.com — Tahapan Pilkada 2018 dimulai, Senin (8/1/2018). Presiden Joko Widodo pun menyampaikan pesan  penting terkait pesta demokrasi serentak kali ini.

Di sela-sela kunjungan kerja di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin siang, Presiden Jokowi menegaskan, demokrasi di Indonesia harus mencerminkan karakteristik Indonesia sendiri.

"Karakter yang penuh kesantunan, karakter yang tidak saling mencela. Karakter itu yang perlu terus kita tumbuhkan," ujar Jokowi seusai memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Kupang.

Baca juga: Polri Awasi Anggotanya yang Ikut Pilkada agar Tak Ganggu Netralitas


Karakter demokrasi Indonesia itu, lanjut Jokowi, harus dimulai dari para kontestan pilkada. Para calon kepala daerah jangan menunjukkan aksi saling mencela atau menjelek-jelekkan antarsesama kontestan pilkada.

"Apalagi, memakai black campign. Kampanye hitam itu harus betul-betul kita hilangkan dari proses-proses di demokrasi kita," ujar Jokowi.

Daripada menggunakan kampanye hitam, Jokowi lebih memilih agar para kontestan pilkada adu ide, adu gagasan, dan adu program satu sama lain.

"Silakan adu prestasi, adu rekam jejak, adu track record, adu ide, adu gagasan, adu program, adu rencana-rencana. Saya kira yang dimunculkan harus itu," ujar Jokowi.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X