Kompas.com - 27/12/2017, 18:29 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso mengungkapkan, para bandar narkoba memiliki peran yang besar menjadikan Aceh sebagai daerah penghasil ganja terbesar di Indonesia.

"Petani-petani ganja di Aceh hanya dimanfaatkan oleh jaringan atau bandar narkoba," ujar Budi Waseso di Kantor BNN Jakarta, Rabu (27/12/2017).

Menurut pria yang kerap disapa Buwas itu, para petani hanya dibayar untuk menanam pohon ganja. Sementara itu, yang menguasai pangsa pasar adalah para pemodal atau para bandar narkoba tersebut.

Buwas mengatakan, atas kerja sama dengan TNI-Polri, BNN menemukan ratusan hektar lahan ganja di Aceh. Selain itu, BNN juga menyita 151 ton ganja dari Aceh.

(Baca juga: BNN: 68 Narkoba Jenis Baru Ditemukan Selama 2017)

Saat ini, BNN bersama dengan pemerintah daerah setempat dan Kementerian Pertanian mencoba memutus hubungan antara para petani dengan bandar narkoba.

Caranya, yakni dengan membantu para petani untuk mengembangkan dan membiasakan menanam tanaman lain selain ganja. Tanaman tersebut yakni padi, kopi dan jagung.

"Program ini jangka panjang mudah-mudahan bisa menjadi kegiatan atau program nasional sehingga bisa meningkatkan ketahanan pangan," kata Budi.

Kompas TV 11 orang ditangkap di Jayapura karena memiliki ganja seberat 3 Kilogram
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.