Kompas.com - 26/12/2017, 19:19 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorSabrina Asril

JAKARTA, KOMPAS.com – Lonjakan penumpang angkutan penyeberangan terjadi di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. PT ASDP Indonesia Ferry mencatat, total penumpang yang memadati pelabuhan tersebut mencapai 46.778 orang.

“Sejak kemarin hari H Natal, memang terjadi lonjakan pada penumpang,” ujar GM PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni Anton Murdianto dalam keterangan resmi, Jakarta Selasa (26/12/2017).

Total penumpang yang mencapai 46.778 orang itu terdiri dari pejalan kaki sebanyak 9.987 orang, dan penumpang di dalam kendaraan sebanyak 36.791 orang.

Kendaraan yang menyeberang ke Jawa pada Hari H Natal hingga pagi tadi tercatat 9.180 unit. Rinciannya, sepeda motor 2.380 unit, kendaraan kecil penumpang 4.325 unit, dan jumlah kendaraan roda empat atau lebih mencapai 6.800 unit.

Baca juga : Puncak Arus Balik Natal, Jalan Tol Jakarta-Cikampek Masih Lancar

Mengantisipasi terjadi antrean di pelabuhan, ASDP menambah jumlah layanan loket dari 6 loket menjadi 12 loket, untuk roda dua dari 2 loket menjadi 8 loket, dan roda empat dari 8 loket menjadi 10 loket.

"Bahkan untuk sepeda motor dan roda empat jika sangat padat masing-masing ditambah menjadi 12 loket,” kata Anton.

Adapun kapal yang dioperasikan sepanjang libur Natal dan Tahun Baru sebanyak 33 unit kapal penyeberangan. Jumlah kapal itu dinilai cukup untuk menampung banyaknya masyarakat yang menyeberang di lintas Merak-Bakauheni.

Kompas TV Cuaca buruk yang menyebabkan gelombang setinggi lima meter, membuat pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni ditutup sementara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.