Kompas.com - 22/12/2017, 18:21 WIB
|
EditorBayu Galih

RAJA AMPAT, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa mengganti menteri laki-laki dengan menteri perempuan di dalam Kabinet Kerja sangat memungkinkan.

"Ya bisa saja, mungkin malah ditambah," ujar Jokowi setelah menghadiri peringatan Hari Ibu ke-89 di Kabupaten Raja Ampat, Papua, Jumat (22/12/2017).

Saat ini, menteri perempuan di Kabinet Kerja berjumlah sembilan orang. Mereka adalah Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Keuanga Sri Mulyani.

Selain itu, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri BUMN Rini Soemarno, serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise.

(Baca juga: Pesan Hari Ibu dari Sembilan "Srikandi" Kabinet Kerja)

Dalam pidato peringatan Hari Ibu, Jokowi membanggakan pemerintahannya yang memberikan banyak kursi untuk perempuan dibandingkan pemerintahan sebelumnya.

Hal itu, lanjut Jokowi, menciptakan persepsi di dunia internasional bahwa peran perempuan bagi kemajuan Indonesia sangat besar.

"Berarti perempuan di Indonesia sudah diberi peran bagi pemerintah," ujar Jokowi.

Jokowi juga mengatakan, memperingati Hari Ibu sangat penting untuk mengingatkan kita semua bahwa ibu sangat berperan bagi kemajuan sebuah bangsa.

"Perayaan penting bagi perempuan Indonesia, bagi negara dan bangsa. Karena perempuan Indonesia turut bekerja dalam kemerdekaan Indonesia. Perempuan Indonesia harus semakin berdaya," ujar Jokowi.

Kompas TV Pembangunan infrastruktur sudah ditegaskan menjadi salah satu prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.