Ini Alasan PDI-P Usung Andi Rachman sebagi Cagub Riau - Kompas.com

Ini Alasan PDI-P Usung Andi Rachman sebagi Cagub Riau

Kompas.com - 17/12/2017, 13:22 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri berfoto bersama pasangan bakal calon gubernur - wakil gubernur di Pilkada Riau, Sultra, Maluku dan NTT. Pengumuman bakal calon disampaikan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI-P di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (17/12/2017).KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri berfoto bersama pasangan bakal calon gubernur - wakil gubernur di Pilkada Riau, Sultra, Maluku dan NTT. Pengumuman bakal calon disampaikan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI-P di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (17/12/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - PDI Perjuangan resmi mengusung Arsyadjuliandi Rachman atau Andi Rachman dalam Pilkada Riau 2018.

Andi merupakan kader Partai Golkar yang juga telah diusung oleh partai berlambang pohon beringin itu.

Sekretaris Jenderal DPP PDI-P, Hasto Kristiyanto tak mempermasalahkan hal itu. PDI-P percaya sosok Andi mampu membangun Riau lebih baik.

Salah satu masalah yang disoroti adalah kebakaran hutan.

"Kerja sama ini justru untuk menjawab agar Provinsi Riau yang di masa-masa sebelumnya begitu banyak persoalan terkait dengan lingkungan, kebakaran, eksploitasi kekayaan alam yang berlangsung luar biasa," tutur Hasto di Kantor DPP PDI-P, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Minggu (17/12/2017).

(Baca juga : PDI-P Usung Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno pada Pilkada Riau 2018)

Di samping itu, kata dia, PDI-P tak memiliki cukup kursi di Riau sehingga harus berkoalisi dengan partai lain.

Adapun di DPRD Riau, PDI-P hanya memiliki sembilan kursi. Sedangkan, untuk mengusung pasangan calon, dibutuhkan minimal 13 kursi.

Adapun Golkar memiliki 14 kursi di Riau.

"Di Provinsi Riau, PDI Perjuangan tidak bisa maju sendiri sehingga kami bekerjasama dengan kekuatan parpol yang lain. Apalagi kalau kita lihat dalam sejarah Partai Golkar itu yang mendirikan adalah Bung Karno, bapak bangsa kita," tuturnya.

PDI-P resmi mengusung Arsyadjuliandi Rachman dan Suyatno AMP sebagai calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Riau 2018.

Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri mengatakan, partainya memutuskan mengusung Andi Rachman, karena gubernur petahana itu memberi perhatian lebih kepada lingkungan.

Tercatat, Andi Rahman pernah mendapat penghargaan Kalpataru pada 2016 dan Satya Bumi Lestari tiga tahun berturut-turut, 2014-2016.

Sedangkan Suyatno dianggap menaruh perhatian besar pada kebudayaan.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorSandro Gatra

Close Ads X