Pendaftaran Bakal Caleg PKB Dorong Antusiasme Publik terhadap Pileg

Kompas.com - 11/12/2017, 21:10 WIB
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi (dua dari kiri) dalam diskusi di Graha Gus Dur, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jakarta, Senin (11/12/2017).KOMPAS.com/ESTU SURYOWATI Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi (dua dari kiri) dalam diskusi di Graha Gus Dur, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jakarta, Senin (11/12/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menilai positif pembukaan pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang dilakukan oleh Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB) dan dipublikasikan secara luas.

"Harusnya ini menjadi contoh yang baik bagi partai-partai lain melakukan hal yang sama," kata Burhanuddin ditemui di Graha Gus Dur, usai pembukaan pendaftaran bacaleg PKB, Jakarta, Senin (11/12/2017).

Menurut Burhanuddin, apa yang dilakukan PKB sangat baik untuk menciptakan antusiasme publik terhadap pemilihan legislatif (pileg) yang pelaksanaanya serentak dengan pemilihan presiden/wakil presiden (pilres).

Sebab, kata dia, bukan tidak mungkin perhatian publik akan lebih banyak tersalurkan ke pilpres.


"Pileg ini kan sudah hitungan bulan, jadi tidak lama lagi. Jangan sampai kegairahan publik terhadap pileg tertutupi dengan pilpres," ucap Burhanuddin.

(Baca juga : Pendaftaran Bakal Caleg PKB Diramaikan Para Artis)

Selain itu, apa yang dilakukan PKB juga sangat baik supaya publik tidak memilih kucing dalam karung. Dia menambahkan, jika pendaftaran bacaleg dipublikasikan secara luas, maka orang-orang mulai melihat-lihat, mematut-patut, dan melakukan evaluasi plus-minus bakal calon anggota legislatif.

"Kalau ini diikuti oleh partai lain, kan bagus. Karena bangsa ini tidak hanya ditentukan oleh Presiden dan Wakil Presiden. Tetapi juga ditentukan oleh 560 anggota DPR," pungkas Burhanuddin.

 

Deretan Artis

Hari ini, PKB resmi membuka pendaftaran bacaleg PKB untuk pileg 2019.

Sederet artis turut mendaftar diantaranya Tommy Kurniawan, Ressa Herlambang, Mandala Shoji, Ifan dan Herman Seventeen, Yadi Sembako, serta Saleh Ali.

"Ini adalah salah satu contoh produk yang akan menjadi caleg, yang Insya Allah sejak hari ini saya nyatakan pembukaan pendaftaran calon-calon anggota legislatif PKB. Mulai hari ini hingga tanggal 30 Januari," kata Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dalam sambutannya usai deklarasi bacaleg di Graha Gus Dur, Raden Saleh, Jakarta.

(Baca juga : PKB: Wakil Ridwan Kamil Harus Bisa Mengurus Desa)

Pria yang karib disapa Cak Imin tersebut mengungkapkan, dalam menghadapi Pileg 2019, salah satu strategi PKB yakni berkonsentrasi pada pemilih pemula. Ada hampir 50 persen pemilih pemula dari total jumlah pemilih dalam pemilu nasional 2019.

"Dan kami punya kesempatan untuk meraih pemilih muda dengan banyaknya calon, dan pengurus muda yang sewarna dan sevisi," ucap Cak Imin.

Lebih lanjut, dia menuturkan, PKB membuka kesempatan kepada seluruh masyarakat untuk ikut menjadi bagian perjuangan partai, tidak hanya dari kalangan artis.

"Nanti kami membuka semua caleg dari artis, profesional, dan dari ahli, terutama kaum muda akan kami ajak," kata dia lagi.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menargetkan perolehan 100 kursi DPR-RI. Salah satu strateginya adalah fokus pada pemilih pemula.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorDiamanty Meiliana

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X