Kompas.com - 30/11/2017, 18:01 WIB
Penulis Moh. Nadlir
|
EditorSabrina Asril

JAKARTA, KOMPAS.com - Koordinator Bidang Perekonomian DPP Golkar Airlangga Hartarto mengatakan bahwa sudah ada 31 DPD I Golkar yang mendukung dirinya untuk maju pada pemilihan Ketua Umum DPP Golkar yang baru.

Pemilihan orang nomor satu di Golkar tersebut akan digelar dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar, untuk menggantikan Setya Novanto yang menjadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Totalnya kita sudah 31 DPD I Golkar. Sudah menyatakan satu irama dengan ide-ide dan gagasan yang akan dibawa partai Golkar ke depan," ujar Airlangga di rumah dinas Wakil Presiden Jusuf Kalla, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis (30/11/2017).

Baca juga : Dedi Mulyadi: Jokowi Restui Airlangga Bertarung di Munaslub

Jumlah dukungan 31 DPD I Golkar tersebut telah memenuhi syarat administratif digelarnya Munaslub untuk mencari pemimpin baru partai berlambang pohon beringin itu.

Syaratnya yakni Munaslub diusulkan minimal dua pertiga dari 34 pengurus DPD I atau tingkat provinsi.

"Konsolidasi lewat Munaslub itu saat ini didukung oleh hampir seluruh DPD I Golkar. Sehingga ini persyaratan administrasi telah terpenuhi, tentunya tinggal DPP," ujar Airlangga.

Baca juga : JK Nilai Airlangga Hartarto Paling Ideal Pimpin Golkar

"Karena DPP sendiri terdiri dari berbagai unsur atau pimpinan DPP. Kami juga sudah komunikasikan," tambah Menteri Perindustrian RI tersebut.

Melalui Munaslub itu diharapkan bisa membuat Golkar kembali solid demi menyongsong penyelenggaraan Pilkada serentak 2018 dan Pemilu Presiden tahun 2019 mendatang.

"Tentu ada harapan-harapan daripada DPD-DPD terhadap soliditas partai Golkar," ucap Airlangga.

Kompas TV Jusuf Kalla memberi lampu hijau kepada Menteri Perindustrian yang juga politisi Golkar Airlangga Hartarto, untuk maju dalam pertarungan kursi Ketum Golkar.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.