Saat Jokowi Resmikan Bandara Silangit dengan Bahasa Batak Toba...

Kompas.com - 24/11/2017, 16:30 WIB
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bandara Internasional Silangit, Sumateta Utara, Jumat (24/11/2017).Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bandara Internasional Silangit, Sumateta Utara, Jumat (24/11/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo menggunakan bahasa Batak Toba saat meresmikan beroperasinya Bandara Internasional Silangit, Sumatera Utara, Jumat (24/11/2017).

"Bukka ma pittu, bukka ma harbangan. Ai nunga rade labuan ni hopal habang internasional," ujar Presiden yang disambut meriah masyarakat yang hadir.

Dikutip dari siaran pers resmi Istana, kalimat itu memiliki arti "siapkan diri untuk berubah karena sudah tersedia lapangan terbang internasional".

Baca juga : Arti Bahasa Batak yang Diucapkan Jokowi Saat Resmikan Bandara Silangit  

Kalimat Batak Toba itu sekaligus menjadi simbolisasi peresmian bandara tersebut. Cara peresmian ini berbeda dari acara peresmian sebelumnya, yakni Presiden memukul gong atau menekan tombol.

Tak hanya menyampaikan pidato peresmian, Presiden juga meninjau area bandara. Saat datang, Jokowi didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau panel proyek pengembangan bandara.

Baca juga: Jokowi Resmikan Terminal Bandara Silangit

Bahkan, seusai acara, Jokowi juga mengunjungi salah satu kedai kopi yang ada di ruang tunggu bandara. Para calon penumpang pesawat yang ada di ruangan itu pun berebut salam dan swafoto dengan orang nomor satu di Indonesia tersebut.


EditorSabrina Asril

Close Ads X