Pengganti Novanto Diharapkan Perbaiki Cara Komunikasi Fahri dan Fadli Zon

Kompas.com - 21/11/2017, 15:01 WIB
Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya saat ditemui di Setiabudi Building II, Jakarta Selatan, Selasa (24/5/2016).Kompas.com/Kurnia Sari Aziza Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya saat ditemui di Setiabudi Building II, Jakarta Selatan, Selasa (24/5/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengamat politik Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, mengatakan, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat pengganti Setya Novanto sebaiknya orang yang cakap dalam berkomunikasi.

Setidaknya, menurut Yunarto, pengganti Novanto dapat memperbaiki cara berkomunikasi dua pimpinan DPR lainnya, yakni Fahri Hamzah dan Fadli Zon.

"Ketua DPR sebaiknya bukan sosok yang secara komunikasi kontroversial. Apalagi, pernyataannya tidak mendukung sikap antikorupsi," ujar Yunarto dalam diskusi di kantor ICW Jakarta, Selasa (21/11/2017).

Misalnya, kata Yunarto, publik beberapa waktu lalu melihat bagaimana Fahri Hamzah yang menjabat Wakil Ketua DPR malah menjadi garda terdepan dalam melawan KPK.


Baca juga: Kisah Hidup Setya Novanto, dari Tukang Beras, Model, hingga Jadi Miliuner

Contoh lainnya, Fadli Zon yang juga Wakil Ketua DPR menyebut korupsi sebagai oli pembangunan.

Menurut Yunarto, pengganti Novanto harus memiliki keberanian mengubah cara berkomunikasi pimpinan DPR. Terutama mengatasi pernyataan kontroversial yang dilontarkan Fahri Hamzah dan Fadli Zon.

"Jadi, menurut saya ketua DPR ini punya tugas berat, konkretnya menjinakkan kedua orang ini atau minimal secara komunikasi berani mengambil alih kendali, baik secara komunikasi maupun kebijakan," kata Yunarto.

Kompas TV Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar menggelar rapat pleno membahas nasib sang ketua umum, Setya Novanto.



 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorSabrina Asril
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X