Hasil Survei Tunjukkan Tren Positif, Demokrat Yakini Kiprah AHY di 2019

Kompas.com - 09/11/2017, 17:03 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Demokrat optimistis Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berpeluang melanjutkan kiprah politiknya pada Pemilu Presiden 2019.

Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon mengatakan, optimisme tersebut muncul setelah melihat hasil survei berbagai lembaga yang menunjukkan tren positif.

"Beberapa teman mengatakan, Pilkada (DKI Jakarta) kemarin gladi resiknya AHY menuju pilpres. Acara utamanya Pilpres 2019," ujar Jansen, dalam sebuah diskusi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/11/2017).

Jansen menyebutkan, lembaga pertama yang memasukkan nama Agus dalam survei kandidat peserta Pilpres 2019 adalah Indobarometer.

Baca: "Membaca" Safari Politik Agus Yudhoyono

Pada Maret 2017, kata Jansen, meski tingkat pengenalan publik untuk Agus mencapai 71,7 persen, tetapi elektabilitasnya hanya 0,4 persen.

Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/11/2017).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/11/2017).
Angka tersebut jauh dari dua figur dengan elektabilitas tertinggi, Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Bahkan, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Ridwan Kamil, misalnya, angkanya di atas Agus. Eleketabilitas Ahok 8,3 persen, sedangkan Ridwan Kamil 3,1 persen.

Hasil berbeda ditunjukkan survei sejumlah lembaga beberapa waktu terakhir. Ia mengatakan, pada survei Polmark, elektabilitas Agus mencapai 2,9 persen.

Baca: "Tebar Pesona" ala AHY untuk Pemilu 2019

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.