Sudah Diketahui, Identitas WNI Anggota Maute yang Ditangkap di Filipina

Kompas.com - 09/11/2017, 14:16 WIB
Juru Bicara Kemenlu Arrmanatha Nasir di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (9/11/2017). Kompas.com/YOGA SUKMANAJuru Bicara Kemenlu Arrmanatha Nasir di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (9/11/2017).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorDiamanty Meiliana

JAKARTA, KOMPAS.com – Identitas Muhammad Ilham Syahputra, salah satu WNI yang ditahan otoritas Filipina atas dugaan keterlibatan dengan kelompok militan pro-ISIS, Maute, di Marawi, sudah diketahui.

“Kami sudah mendapatkan informasi awal bahwa Ilham sudah menyampaikan berasal dari Medan, nama keluarganya sudah disebutkan. Tentu polisi akan mendalami proses tersebut,” kata Juru Bicara Kemenlu Arrmanatha Nasir di Jakarta, Kamis (9/11/2017).

“Pihak kepolisan kita sudah berada di Filipina untuk membantu proses investigasi,” ia melanjutkan.

(Baca juga : Densus 88 Bertolak ke Filipina Terkait Penangkapan Istri Pimpinan Maute)

Seperti diketahuai, Densus 88 Antiteror Polri sudah berangkat ke FIlipina untuk membantu proses investigasi terhadap dua WNI yang ditahan otoritas Filipina yaitu Ilham dan Minhati Madrais.

Ilham ditangkap di Marawi pada Rabu (1/11/2017) sedangkan Minhati ditangkap di Tubod Iligan City, Filipina, Minggu (5/11/2017).

Arrmanatha memastikan, kehadiran Densus 88 di Filipina sudah berdasarkan izin dari otoritas setempat.

Tujuan utamanya yaitu membantu investigasi yang sedang dilakukan oleh Kepolisian Filipina.

Sementara itu, terkait Minhati Madrais, Kemenlu menuturkan masih melakukan investigasi mendalam termasuk terkait status kewarganegaraan enam anaknya yang turut ditangkap.

Minhati adalah istri salah satu pemimpin Maute Group, Omar Khayam. Khayam sendiri tewas dalam operasi militer Filipina di Marawi, beberapa waktu lalu.

Kompas TV Polisi masih mendalami peran Minhati Midrais yang ditangkap otoritas Filipina.


Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X