Alasan Jokowi Angkat Din Syamsuddin Jadi Utusan Khusus

Kompas.com - 23/10/2017, 18:40 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan selamat kepada Din Syamsuddin usai diberikan jabatan Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban di Istana Merdeka, Senin (23/10/2017). Fabian Januarius KuwadoPresiden Joko Widodo memberikan selamat kepada Din Syamsuddin usai diberikan jabatan Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban di Istana Merdeka, Senin (23/10/2017).
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompetensi merupakan alasan Presiden Joko Widodo mengangkat Muhammad Sirajuddin Syamsuddin ( Din Syamsuddin) menjadi Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban.

Hal itu dikatakan Presiden Jokowi di Ruang Kredensial, Istana Merdeka, Jakarta, Senin (23/10/2017). 

"Beliau sudah menjalankan, sudah ada pondasi kuat," ujar Presiden Jokowi.

Saat ini, Din masih menduduki sejumlah posisi di organisasi tingkat internasional antara lain, Honorary President World Conference on Religions for Peace, Chairman of Center for Dialogue and Cooperation among Civilizations dan Chairman World Peace Forum.

Di Indonesia, Din masih menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan aktif menyuarakan perdamaian antar-agama.

Baca: Jokowi Angkat Din Syamsuddin Jadi Utusan Khusus Presiden

"Sudah jelas dan konkret. Meskipun awalnya Beliau ini ragu dan saya sampaikan bahwa ini adalah demi kepentingan negara. Setelah dua minggu, Beliau nyatakan, bisa," ujar Jokowi.

Jokowi berharap, Din bisa langsung bekerja. Sejumlah isu yang menjadi perhatian antara lain perjuangan kemerdekaan Palestina, krisis kemanusiaan di Rakhine State Myanmar, dan studi banding ulama di Afghanistan dengan Indonesia dalam hal kerukunan antar-umat beragama.

Presiden Jokowi mengangkat Din Syamsuddin menjadi Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban. Pengangkatan itu didasarkan pada surat keputusan presiden.

"Hari ini, saya telah mengangkat Prof Din Syamsuddin sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban," ujar Jokowi di Ruang Kredensial, Istana Merdeka, Jakarta, Senin.

Baca: Din Syamsuddin Batal Jadi Pengarah UKP Pancasila

Presiden Jokowi menugaskan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu untuk mengembangkan dialog sekaligus kerja sama antaragama, baik di dalam maupun luar negeri.

"Mengembangkan dialog dan kerja sama antarperadaban dengan mempromosikan kebudayaan dan kehidupan Indonesia yang berdasarkan Pancasila," ujar Jokowi.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X