Kompas.com - 21/10/2017, 14:12 WIB
Penulis Ihsanuddin
|
EditorIndra Akuntono


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengucapkan selamat kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla yang sudah genap berjalan tiga tahun. Ucapan selamat disampaikan SBY melalui akun YouTube Suara Demokrat, Sabtu (21/10/2017).

Dalam video yang diunggah, SBY tampak didampingi Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan dan Bendahara Umum Partai Demokrat Herawati.

"Saya mengucapkan selamat kepada Presiden Jokowi karena pemerintahan yang beliau pimpin sudah genap berusia tiga tahun," ucap SBY.

Partai Demokrat, kata SBY, menilai banyak yang telah dicapai pemerintah selama tiga tahun terakhir. Meskipun, masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan ke depan.

Baca juga : 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK, Kedaulatan Pangan Belum Maksimal

Sebagaimana masa presiden dan pemerintahan-pemerintahan sebelumnya, SBY menganggap tidak fair apabila ada yang mengatakan bahwa pemerintahan ini telah gagal dan tidak ada satu pun yang dihasilkan.

Sebaliknya jika ada yang mengatakan bahwa yang dilakukan pemerintah ini selalu sukses dan tidak ada satu pun yang kurang, SBY juga menilai hal tersebut tidak jujur.

"Mari-lah kita beri kesempatan dan dukungan kepada pemerintah untuk melanjutkan dan merampungkan tugas-tugasnya," kata Presiden keenam RI tersebut.

Baca juga : Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi, Ini PR Program Sejuta Rumah

SBY menyadari banyak sasaran yang harus diwujudkan ke depan. Dia yakin, bila pemerintah tetap fokus dan memprioritaskan upaya memenuhi harapan serta kebutuhan rakyat, maka akan banyak yang bisa dilakukan dua tahun mendatang.

"Satu saja harapan Partai Demokrat, kiranya presiden Jokowi dan jajaran pemerintahannya sungguh menjaga agar bangsa ini tetap rukun dan bersatu. Dan tidak terpolarisasi atau terbelah oleh alasan apapun termasuk karena perbedaan identitas," ucap SBY.

SBY juga berharap pemerintah semakin adil mengayomi semua. Menutup videonya, SBY mengucapkan selamat bertugas kepada presiden Jokowi dan semua yang mengemban amanah.

"Semoga senantiasa sukses," ujar SBY.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.