Kompas.com - 16/10/2017, 09:14 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menutup masa pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2019 pada hari ini, Senin (16/10/2017).

Hari ini merupakan hari terakhir bagi parpol yang ingin mendaftarkan diri. 

Komisioner KPU Viriyan Azis mengatakan, KPU akan menyelesaikan sisa parpol yang pada pekan lalu belum mendaftarkan diri. 

Sejumlah parpol yang akan mendaftar pada hari ini telah mendaftar pekan lalu. Akan tetapi, berkas pendaftaran yang diajukan belum lengkap. 

Misalnya, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Berkarya, serta Partai Republik.

Baca: Daftar Ke KPU, Prabowo Ingin Gerindra Menangkan Mandat Rakyat

Mengenai persyaratan yang belum dipenuhi ketiga partai tersebut, Viryan tidak menjelaskan secara rinci.

"Sebagai gambaran, tanda terima yang KPU serahkan atas kelengkapan dokumen pendaftaran parpol sekira 600-700 halaman," kata Viryan, saat dikonfirmasi Kompas.com.

Jam pelayanan pendaftaran hari terakhir ini juga diperpanjang. Jika biasanya berakhir pukul 16.00 WIB, pada hari ini akan diterima hingga pukul 24.00 WIB. 

Selain ketiga parpol tersebut, parpol lain yang rencananya akan mendaftar ke KPU pada hari ini yaitu Partai Bulan Bintang, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Idaman, Partai Demokrat, Partai Pemersatu Bangsa, Partai Indonesia Kerja, serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia.

Kompas TV Partai politik diberi waktu hingga Senin (16/10) untuk melengkapi berkas.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.